Sukses

Motor Listrik Honda Tertangkap Kamera di Jalanan, Kode Bakal Segera Meluncur?

Kehadiran motor listrik besutan Honda di Indonesia sepertinya semakin dekat. Hal itu dibuktikan dengan tertangkap kemeranya dua unit motor listrik berkamuflase yang diduga milik Honda tengah melakukan uji jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran motor listrik besutan Honda di Indonesia sepertinya semakin dekat. Hal itu dibuktikan dengan tertangkap kemeranya dua unit motor listrik berkamuflase yang diduga milik Honda tengah melakukan uji jalan.

Model yang pertama mengarah pada skutik listrik Honda U-Go. Unit tersebut dites oleh sang tester di sebuah kawasan industri.

Bila diperhatikan sekilas, lampu di buritannya memang mirip, pakai teknologi LED bar horizontal dari kanan ke kiri. Selain itu, model spakbor belakang juga menggunakan jenis mudguard, persis kepunyaan U-Go.

Ciri yang paling kentara bila motor listrik yang dites itu serupa dengan Honda U-Go, bisa dilihat dari bentuk bodi sampingnya yang mengkotak dan sedikit melebar ke bagian bawah.

Area footrest atau dek pijakan kaki menggunakan layout merata. Desain ini bukan cuma menawarkan kenyamanan bagi pengendara, namun bisa dimanfaatkan juga untuk membawa banyak barang. 

Sinyal bila Honda U-Go bakal jadi motor listrik yang akan dijual di Indonesia sudah ramai sejak tahun lalu. Skutik bebas polusi ini terpantau telah didaftarkan pada laman resmi Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham Indonesia dengan nomor registrasi A00202102364.

Buat diketahui, Honda U-Go meluncur lebih dulu untuk pasar China. Dia dibekali dengan motor listrik berkapasitas 800 watt yang mampu hasilkan tenaga 1,61 HP dan klaim kecepatan 43 km/jam.

Sementara untuk varian paling tingginya berbekal dinamo 2.000 watt dengan tenaga maksimal 2,41 Hp. Adapun kecepatan puncak untuk trim teratasnya bisa digeber hingga 53 km/jam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motor Lainnya

Motor listrik selanjutnya yang diduga milik Honda juga terekam kamera netizen sedang lakoni pengujian di jalan raya. Unit yang digunakan oleh rider test dibalut stiker kamuflase lengkap dengan pelat nomor list biru, khusus untuk kendaraan listrik.

Unit yang satu ini memiliki tampilan sebuah maxi skuter bermesin 150-160 cc. Bila dibandingkan dengan U-Go, tentunya memiliki dimensi yang lebih gambot dan kekar.

Dugaan motor listrik ini besutan Honda bisa dilihat dari bentuk lampu sein belakangnya yang khas. Desain penanda sein LED tersebut umum digunakan pada lini skutik dan beberapa motor sport dari Honda di Indonesia.

Berbeda dengan U-Go, motor listrik yang sedang melakukan uji jalan di jalan raya tersebut tak menggunakan layout pijakan kaki yang merata. Desainnya sedikit mirip dengan PCX dan ADV 160, memiliki 'pembatas' di bagian tengah deknya. 

Belum ada tanggapan dari PT Astra Honda Motor (AHM) terkait pengujian dari motor listriknya di Indonesia. Namun, mereka sudah memastikan bila di semester 2 tahun ini akan menjual 2 motor listrik kepada konsumen.

Executive Vice President Director PT AHM Wijaya mengatakan, motor listrik Honda yang akan diluncurkan nanti didasari atas riset serta kebutuhan konsumen Indonesia. Selain itu, semua motor bebas polusi yang diniagakan Honda nanti akan dirakit secara lokal.

"Di semester ke-2 ini (diluncurkan). Nanti akan ada 2 model dan semuanya dirakit di sini," ucap Thomas, pertengahan April lalu.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini