Sukses

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Knalpot Sepeda Motor

Knalpot sepeda motor menjadi salah satu komponen yang cukup penting

Liputan6.com, Jakarta - Knalpot menjadi salah satu komponen yang cukup penting pada sepeda motor konvensional. Dengan begitu, bagian ini haruslah dirawat agar sistem pembakaran menjadi maksimal, sehingga penggunaan bahan bakar dan performa motor tetap terjaga.

Disitat dari laman resmi Wahana Honda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepeda motor:

Cuci Setelah Kena Hujan

Pastikan, setiap kali habis hujan, langsung dibersihkan. Air hujan yang mengering pada motor bisa menyebabkan kerak pada knalpot. Karena kandungan asam yang terdapat pada air hujan cukup tinggi karena polusi udara.

Jadi pastikan selalu membersihkan knalpot setelah motor disiram hujan. Knalpot yang tidak rajin dibersihkan akan menimbulkan kerak, dan kerak ini semakin lama akan semakin tebal yang menyebabkan knalpot menjadi berkarat.

Selalu Panaskan Mesin Secukupnya

Metode perawatan knalpot selanjutnya adalah biasakan memanaskan mesin secukupnya. Memanaskan mesin motor bisa membuat motor tersebut terjaga dan dalam kondisi yang optimal.

Cara ini cukup efektif jika digunakan pada motor 4-tak yang knalpotnya tidak akan cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin. Penyebabnya pemanasan motor dalam waktu yang cukup lama bisa memberikan pengaruh buruk pada motor.

Beberapa hasil uji coba menunjukan semakin lama waktu yang digunakan untuk memanaskan motor, akan menyebabkan warna knalpot jadi kuning. Ini bisa diantisipasi dengan memanaskan mesin secukupnya.

Kenali Bahan Knalpot

Bahan knalpot tentu saja berbeda-beda. Ada yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores. Cara membersihkan knalpot dari bahan ini ini bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menggores.

Apabila pada knalpot berbahan chrome ini terdapat noda membandel, bersihkan dengan menggunakan oli bekas yang masih baik, agar hasilnya bisa maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Lubang Buang

Cara membersihkan knalpot motor yang selanjutnya bisa dilakukan dengan membersihkan lubang buang pada silencer. Gunakan oli dan oleskan secukupnya. Cara ini bisa dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali.

Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer maupun leher knalpot yang dekat dengan bagian tersebut.

Kebocoran knalpot bisa menyebabkan timbul suara buruk, motor tidak bertenaga, dan dampak lainnya adalah tidak ramah lingkungan.

Oleskan Oli pada Leher Knalpot

Oleskan oli bersih secara merata. Langkah ini bisa Anda lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan.

Jika selesai mengoleskan oli pada leher knalpot, hidupkan mesin selama dua menit. Oli tersebut akan terserap dan leher knalpot akan menjadi lebih bersih, dengan mengelupasnya oli yang dipanaskan tersebut. Lakukan secar rutin

Membersihkan Korosi

Korosi bisa terjadi pada knalpot, dan jika hal tersebut terjadi maka knalpot harus segera dibersihkan.

Cara membersihkannya cukup mudah. Bersihkan dengan sikat gigi yang diolesi detergen. Sikat pada bagian yang berkarat atau bagian yang kotor. Kemudian bilas dengan air. Jika noda membandel, gunakan sikat kawat untuk mempermudah membersihkannya.

Pakai Porstex

Jika membersihkan kotoran pada knalpot dengan menggunakan sikat serta detergen tidak efektif, bisa gunakan cairan porstex.

Membersihkan knalpot dengan cairan ini memang sangat mudah dan efektif, namun Anda harus tetap berhati-hati. Penyebabnya, cairan ini bisa membuat warna blok mesin yang terkena cairan akan langsung luntur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.