Sukses

Sistem One Way Diperpanjang Lagi, Pemudik Wajib Tahu Perubahan Lokasi Darurat, Bahu Jalan, dan Rest Area

Pemberlakuan sistem lalu lintas one way atau satu arah kembali diperpanjang hingga Rabu, 26 April 2023 sampai pukul 24.00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pemberlakuan sistem lalu lintas one way atau satu arah kembali diperpanjang hingga Rabu, 26 April 2023 sampai pukul 24.00 WIB. Sistem ini diterapkan saat arus balik Lebaran 2023, dari arah timur ke barat atau dari KM 414 Kalikangkung menuju KM 70 Cikampek untuk memecah kepadatan lalu lintas ke arah Jakarta.

Korlantas Polri mengimbau kepada masyarakat yang melintas di jalur one way untuk memperhatikan rambu, serta arahan petugas di lapangan.

Seperti halnya perubahan bahu jalan dan jalur darurat yang berbeda pada jalur normal. Hal ini disampaikan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan dalam pesannya kepada awak media.

"Untuk jalur utama, bahu jalan dan rest area tetap berada di kiri. Begitu pula jalur darurat. Sedangkan untuk jalur one way, bahu jalan, jalur darurat dan rest area berada di kanan," ujarnya, dikutip dari laman NTMC Polri, Rabu (26/4/2023).

Selain itu, dalam pesannya Dirgakkum juga menyampaikan bahwa pintu keluar/exit tol pada jalur one way juga berbeda dengan jalur normal. Bila pada jalur normal ada di kiri, untuk jalur one way exit tol berada di kanan.

"Perubahan ini berlaku selama pelaksanaan one way," jelas Dirgakkum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan

Dirgakkum menjelaskan mengapa adanya perubahan di kanan khusus pada jalur yang di rekayasa menjadi jalur one way, karena untuk memudahkan pengguna jalan apabila terjadi masalah pada kendaraanya.

"Sehingga mudah untuk dievakuasi dan untuk keselamatan, karena ada markanya khusus garis tidak terputus," tutup Dirgakkum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini