Sukses

Harga Wuling Alvez Termurah di Kelasnya, Begini Kata Wuling Motors

Wuling Motors (Wuling) lagi-lagi mengejutkan pasar otomotif nasional lewat produk baru dengan harga "miring" di kelasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors (Wuling) lagi-lagi mengejutkan pasar otomotif nasional lewat produk baru dengan harga "miring" di kelasnya. Ya, di IIMS 2023 pabrikan asal Tiongkok itu merilis Wuling Alvez dengan banderol mulai dari Rp 209 juta hingga Rp 295 juta on the road Jakarta.

Wuling punya alasan tersendiri mengapa mereka bisa menerapkan harga yang relatif terjangkau dibanding pesaingnya. Pasalnya Honda HR-V yang menjadi lawan Alvez harganya mulai dari Rp 384,9 juta hingga Rp 515,9 juta.

"Yang jelas kami sudah riset dan melakukan banyak inovasi sehingga menghasilkan produk dengan harga yang menurut kami terbaik di segmennya. Produk kami bermain di kelas HR-V dengan harga yang luar biasa," Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors di IIMS 2023.

Wuling Alvez sendiri diproduksi secara lokal di pabrik Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dengan target 120 ribu unit per tahun. Disebutkan, kandungan lokal pada SUV Alvez mencapai 40 persen.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menyampaikan, beberapa komponen yang sudah dilokalkan meliputi baja untuk material bodi. Selain itu beberapa komponen berbahan plastik dan fabric.

"Ke depan, ada yang ingin dilokalkan lagi tentunya selain yang saya sebutkan tadi," kata Danang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Basis Mesin yang Sama dengan Model Lain

Di kesempatan yang sama, Danang juga sempat membahas seputar jantung mekanis yang digunakan Alvez. Dirinya mengakui, Alvez menggunakan basis yang sama dengan model lain yang sudah lebih dulu eksis di pasar nasional.

"Wuling memiliki engine family yang cukup banyak salah satunya 1.5 NA yang dipakai di beberapa lini produk yang ada di Indonesia juga," ujar Danang.

Menurutnya, ada persamaan antara mesin yang digunakan Alvez dengan model lain karena berasal dari engine family yang sama. Meski begitu tetapi ada perubahan yang ditujukan secara khusus untuk masing-masing model.

"Jika dibandingkan Alves dengan Confero, meski basis mesinnya mirip tapi output dan setingannya berbeda. Ada beberapa hal yang mesti disesuaikan dengan model-model tertentu. Untuk Alves contohnya perbedaannya jelas karena berpenggerak roda depan dan untuk keluarga Confero penggerak belakang." tutup Danang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.