Sukses

Mencicipi Kemampuan Mobil Chery Omoda 5 di Tanah Kelahirannya, Sesuai Ekspektasi?

Liputan6.com berkunjung ke area pengetesan mobil atau proving ground untuk menjajal beragam mobil terbaru Chery, salah satunya mobil Omoda 5 yang akan diperkenalkan ke pasar Indonesia. Lantas bagaimana rasa berkendaranya?

Liputan6.com, Wuhu - PT Chery Sales Indonesia (Chery Indonesia) siap memperkenalkan mobil Omoda 5 pada Indonesia International Motor Show (IIMS 2023), yang akan berlangsung 16-26 Februari, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sebelum diperkenalkan ke publik, Chery Indonesia mengajak sejumlah jurnalis Indonesia ke berkunjung ke pusat research and development Chery di kantor pusat Chery Automobile. Co. Ltd di Wuhu, Provinsi Anhui, China. 

Liputan6.com berkunjung ke area pengetesan mobil atau proving ground untuk menjajal beragam mobil terbaru Chery, salah satunya Omoda 5 yang akan diperkenalkan ke pasar Indonesia. Lantas bagaimana rasa berkendaranya? Berikut ulasannya.

Desain Eksterior

Chery Omoda 5 pertama kali diperkenalkan oleh Chery Automobile pada ajang Auto Guangzhou 2021 silam. Momen ini juga menjadi awal dari perkenalan konsep desain Art in Motion generasi terbaru. 

Konsep Art in Motion diterapkan pada Chery Omoda 5, sehingga eksterior terlihat tajam sekaligus dinamis. Bagian wajah mengadopsi desain borderless serta grille bergaya diamond matrix.

Bagian buritan menawarkan aura yang senada dengan bagian wajah. Garis-garis tajam dan berani dapat terlihat jelas pada bagian lampu yang menghiasi bagian belakang. Pelek 18 inchi bernuansa two tone memberikan kesan gagah dari bagian samping. Chery mengklaim desain pada Omoda menawarkan drag coefficient rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interior

Interior Omoda 5 terlihat begitu futuristis dan dipenuhi dengan beragam fitur. Salah satu yang paling menonjol adalah penggunaan layar digital 10,25 inchi pada panel instrumen yang tersambung dengan sistem hiburan.

Mobil ini dilengkapi dengan jok bergaya bucket seat sehingga menimbulkan aura sporty. Nuansa ambient light dalam kabin memanjakan mata penggunanya pada malam hari.

Fitur Canggih

Omoda 5 sudah dilengkapi dengan advanced driver assistance systems (ADAS). Sistem ini menawarkan beragam fitur yang sangat membantu saat berkendara. Mobil ini bisa mendeteksi objek yang berada di sekitarnya, misalkan pejalan kaki, sepeda motor, dan juga mobil. Informasi ini ditayangkan pada layar di depan pengemudi.

Saat pengujian di Indonesia, Omoda 5 memberikan peringatan ketika ada kendaraan yang melakukan pengereman mendadak, lalu fitur Autonomous Emergency Braking (AEB) aktif dan mobil pun akan mengurangi kecepatan sesuai dengan kebutuhan.  

Fitur lain yang akan membantu saat perjalanan jarak jauh adalah adaptive cruise control. Fitur ini akan mengatur kecepatan mobil sesuai dengan kendaraan di depannya. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, maka laju Omoda 5 pun melambat. Saat kendaraan di depan berakselerasi, maka mobil pun akan menambah kecepatan hingga batas yang sudah ditentukan oleh pengemudi.

3 dari 4 halaman

Performa

Chery Omoda 5 yang diuji mengadopsi mesin 1,5 turbo bertenaga 155 Tk dengan tenaga puncak 230 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan perpindahan virtual 9-percepatan. Omoda 5 juga menawarkan mode berkendara Eco atau Sport yang bisa diakses melalui sentuhan tombol. 

Proving ground milik Chery Automobile memiliki beragam kondisi jalan untuk menguji mobil. Salah satunya lintasan lurus untuk menguji akselerasi. Saat melakukan kick down pedal gas, akselerasinya cukup mumpuni. Meskipun lintasan lurus kurang panjang, speedometer bisa mencapai angka 120 km/jam.

Saat menaklukkan tikungan secara agresif, sistem traksi kontrol bisa mencegah gejala understeer atau oversteer. Begitu pun ketika melibas genangan air yang membasahi proving ground akibat hujan yang mengguyur Wuhu sehari sebelumnya.

Suspensi

Omoda 5 memiliki karakter suspensi yang agak rigid, sehingga membuat pengemudi percaya diri ketika bermanuver. 

Suspensi seperti ini biasanya akan terasa sedikit keras jika menghajar jalanan tidak rata pada kecepatan tinggi, seperti simulasi jalanan rusak. Namun, masih dalam tingkat toleransi mengingat karakter suspensinya.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kehadiran Chery Omoda 5 tentu akan dinantikan oleh pencinta mobil crossover yang disematkan beragam teknologi canggih. Paduan mesin bertenaga dan pengendalian yang mumpuni merupakan ramuan untuk menciptakan kesenangan berkendara.

Menyoal harga, Shawn Xu selaku President Chery Sales akan memposisikan Omoda 5 di atas Tiggo 7 Pro yang dibanderol mulai Rp 368,5 juta.

Chery pun dikabarkan akan membanderol Omoda 5 dengan kisaran harga mulai dari Rp 380 - 450 juta. Harga ini tentu akan bersenggolan dengan Honda HR-V yang dibanderol mulai dari Rp 375,9 juta hingga Rp 529,9 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.