Sukses

Icoma Tatamel, Skuter Listrik Lipat yang Raih Penghargaan Inovasi CES 2023

Icoma Tatamel yang merupakan skuter listrik lipat buatan perusahaan startup asal Jepang meraih penghargaan Inovasi CES 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Icoma Tatamel yang merupakan skuter listrik lipat buatan perusahaan startup asal Jepang meraih penghargaan Inovasi CES 2023. Icoma Tatamel sendiri pertama kali dikenalkan pada Oktober 2021. Saat itu masih menyandang status konsep praproduksi.

Banyak yang berteori bahwa unit dari Icoma menjadi jawaban sebagai skuter elektrik modern, pengganti Honda Motocompo klasik. Konsepnya sangat mirip, meskipun desainnya telah dimodernisasi agar sesuai dengan mode estetika saat ini.

Tatamel bike resmi dirilis di Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat. Tak banyak perbedaan dari model purwarupa hingga produksi massal. Beratnya cuma 50 kg. Ukurannya, baik dalam bentuk siap jalan maupun lipat, tetap sama dengan versi konsepnya.

Saat siap jalan, ia punya, panjang 1.250 mm, lebar 650 mm dan tinggi 1.000 mm. Beban yang disarankan adalah 100 kg. Ketika dilipat dimensinya menyusut jadi punya panjang 690 mm, lebar 260 mm dan tinggi 690 mm.

Buat ukuran side panelnya, tinggi 350 mm dan lebar 570 mm. Dirinya bahkan bisa diletakkan di bawah meja kerja.

Meski tergolong kecil, ia memiliki semua yang dibutuhkan untuk dikendarai secara legal di jalan. Termasuk headlamp, stoplamp dan lampu sein LED, spion tunggal di kanan, jok mungil, serta mendapatkan footstep yang bisa dilipat.

Uniknya, ia dibekali roda ukuran 10 inci di depan dan 6,5 inci di belakang. Tidak seperti skuter listrik pada umumnya. Pertanyaan besar pun muncul, apakah ada merek ban yang menyediakan ukuran itu!

Sejak pertama muncul, konsep e-bike Icoma memang buat mobilitas kaum urban. Menjadi solusi untuk kebutuhan perjalanan singkat dan berkecepatan rendah. Nyaman dikendarai, ramping dan mudah disimpan.

Bisa bergerak bebas dan bisa menggantikan aktivitas berjalan ataupun mengayuh sepeda. Menurut aturan lisensi Jepang atau di negara asalnya, Tatamel dikategorikan sebagai skuter kelas satu. Berarti bisa dikendarai siapa saja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Garansi Produk

Unit ini dibekali motor penggerak sebesar 600 watt. Pakai baterai lithium iron phosphate 12 Ah. Hasilnya mampu mencapai kecepatan tertinggi 40 km/jam dan jangkauan maksimum sekitar 50 km untuk sekali pengisian daya. Pengecasan diklaim hanya butuh waktu 3 jam. Dengan metode AC 200-600 watt.

Kemungkinan penggunaanya harus melakukan pengisian daya setiap hari. Tapi tergantung pemakaian dan jauh jangkauan. Catu daya portabel disertakan, sehingga dapat mengisi daya perangkat yang lebih kecil saat bepergian.

Perlu dicatat bahwa angka kinerja adalah perkiraan untuk model produksi akhir. Dan perusahaan mengatakan bahwa saat ini sedang mengembangkan cara untuk meningkatkan kapasitas baterai hingga 29 Ah.

Namun, ada satu masalah lain yang bisa menjadi pemecah kesepakatan. Menurut Icoma, tidak ada garansi produk untuk Tatamel Bike. Per 6 Januari 2023, entri FAQ-nya tentang garansi berbunyi, “Tidak ada garansi produk. Namun, jika ada kerusakan eksternal atau bagian yang hilang pada saat kedatangan, kami akan mengatur suku cadang. Tapi kami tidak akan membayar biaya pemasangan atau kerusakan yang terkait dengannya. Kami berhati-hati dalam pengemasan, tetapi kami tidak menjamin goresan halus.” Dan hingga saat ini perusahaan belum menyertakan harga resminya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.