Sukses

Usai Dipakai Liburan Akhir Tahun, Ini Bagian-Bagian Pada Sepeda Motor yang Mesti Dicek

Layaknya hari raya Idul Fitri, momen akhir tahun kerap dimanfaatkan untuk mudik atau berjalan-jalan keluar kota. Tidak jarang kinerja motor 'disiksa” lebih oleh pemilik mulai perihal jarak tempuh maupun beban bawaaan.

Liputan6.com, Jakarta - Layaknya hari raya Idul Fitri, momen akhir tahun kerap dimanfaatkan untuk mudik atau berjalan-jalan keluar kota. Tidak jarang kinerja motor 'disiksa” lebih oleh pemilik mulai perihal jarak tempuh maupun beban bawaaan.

Beragam alasan jadi jawaban masyarakat tetap memilih sepeda motor Honda untuk jadi teman perjalanan mulai dari efisiensi hingga sensasi berbeda berkendara di atas roda dua yang penuh pengalaman seru.

Wahyu Budhi, instruktur teknik Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menyarankan pengguna bikers untuk kembali melakukan servis motor setelah dipakai dalam perjalanan jauh

"Paling mendasar adalah mengecek dan mengganti beragam cairan di motor, mulai dari oli mesin, oli gear untuk matic, cairan coolant, minyak rem dan lainnya. Cairan ini terutama oli adalah mineral penting untuk dikontrol," ujarnya.

Seperti diketahui kondisi normal pemakaian oli rata-rata 2.500 km untuk sekali penggantian, meski banyak oli yang mengklaim dapat bertahan lebih dari jarak tersebut, kondisi pemakaian dan kondisi mesin mewajibkan unsur ini lebih sering dikontrol.

Untuk tipe matic, selain mesin, bagian transmisi juga memerlukan pelumas. Sebaiknya diganti usai pemakaian liburan akhir tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganti Oli Mesin

Wahyu beberkan beberapa bagian motor yang perlu dilakukan cek, kontrol atau penggantian. Misalnya mengganti oli mesin dan oli gear untuk motor matic.

Untuk tipe motor sport dan bebek dianjurkan melakukan pelumasan dan pengecekan ketegangan rantai. Cek lagi shockbreaker untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran demi kenyamanan. Ganti kampas rem jika sudah menipis.

Selain melihat kembali alur kembang dan tekanan angin ban, kondisi lampu juga harus diperiksa. Periksa juga bagian setang khususnya kestabilan komstir setelah melibas beragam jenis jalan.

Selanjutnya cek bagian bodi secara keseluruhan untuk mengetahui lecet selama perjalanan jauh serta mengecek bagian CVT untuk tipe matic, serta kanvas kampas kopling untuk tipe cub dan sport yang bisa dirasakan saat berakselerasi.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini