Sukses

Ramaikan Pasar Motor Listrik Nasional, VKTR Langsung Siapkan Empat Model

PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) menggandeng PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS) untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. GAS sendiri merupakan induk usaha PT Juara Bike yang tak lain produsen kendaraan listrik dengan brand Selis.

Liputan6.com, Jakarta - PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) menggandeng PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS) untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. GAS sendiri merupakan induk usaha PT Juara Bike yang tak lain produsen kendaraan listrik dengan brand Selis.

Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara kedua belah pihak dilakukan di Jakarta, Jumat (23/12/2022). MoU ini sendiri ditandatangani oleh Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono dan Direktur Utama GAS Edi Hanafiah Kwanto serta Komisaris Utama GAS Tjoa King Hoa.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono dalam keterangan resminya menyampaikan, VKTR dan GAS merupakan sama-sama manufaktur kendaraan listrik dimana GAS memiliki spesifikasi keandalan dalam memproduksi sepeda motor listrik.

Ia pun yakin, kerja sama ini akan menjadi besar di masa depan, mampu menghadirkan produk yang andal untuk mendukung mobilitas tinggi masyarakat, terutama konsumen urban atau perkotaan.

"Ke depan, dengan adanya dukungan pemerintah terhadap industri kendaraan listrik, pasar sepeda motor listrik di Indonesia pasti tumbuh pesat," terang Gilarsi.

Sementara itu, Direktur Utama GAS Edi Hanafiah Kwanto menyatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama ini. Meskipun telah lama malang melintang di industri sepeda motor listrik di Tanah Air, kemitraan dengan VKTR akan lebih membuka peluang untuk memasuki pasar kendaraan listrik secara lebih luas.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap bisa terus memahami kebutuhan pengguna EV di Indonesia, meningkatkan kemudahan pemakaian dan keandalan dari teknologi, dan memberikan yang terbaik bagi konsumen serta ikut berkontribusi mencapai bebas emisi dan net zero pada tahun 2060," beber Edi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Empat Model Motor Listrik

Lebih lanjut Gilarsi menyebutkan, dalam rancang bangun produk motor listrik besutan VKTR, pihaknya akan berkolaborasi dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), sementara perakitannya dilakukan di fasilitas produksi milik PT GAS.

"Dengan demikian, saya optimistis TKDN kita nantinya di tahap awal sudah berada di angka 45 persen sampai 50 persen, dan seiring berjalannya waktu akan terus ditingkatkan hingga 90 persen," katanya.

"Hal ini telah dibuktikan dengan TKDN yang telah dicapai oleh PT Juara Bike selaku Anak Perusahaan GAS atas Motor listrik tipe EMAX dengan nilai TKDN mencapai 53,69 persen," tambah Gilarsi.

Disebutkan, sedikitnya ada empat (4) tipe motor listrik yang mereka siapkan, yakni tipe V, K, T, dan R. Persiapan pun diklaim sudah matang, termasuk R&D, produksi, pemasaran dan aktivitas after sales-nya.

"Kami pastikan, pertengahan 2023 akan lahir satu produk sepeda motor listrik, bukan sekadar moda transportasi ramah lingkungan roda dua, melainkan lifestyle mobility solution yang akan mengubah definisi kenyamanan dalam berkendara dengan performa terbaik di kelasnya," tutup Gilarsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini