Sukses

Menghilang dari Situs Resmi, Hyundai Ioniq Electric Tak Lagi Dijual di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Jelang tutup tahun, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memutuskan untuk menghentikan penjualan Hyundai Ioniq electric. Hal itu terlihat pada situs resmi Hyundai Indonesia, dimana pilihan mobil listrik yang ada saat ini hanya Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq 5.

Uria Simanjuntak, Head of Public Relations PT HMID, menjelaskan bahwa langkah ini sejalan dengan arahan dari prinsipal Hyundai Global.

“Ioniq Electric sudah tidak dipasarkan lagi tidak hanya di Indonesia tetapi juga secara global. Hal ini sesuai dengan keputusan dan arahan dari principle global Hyundai,” kata Uria, dalam keterangan resmi yang diterima Otosia.com, Selasa (6/12/2022).

Meski tidak lagi dijual, Hyundai memastikan bahwa layanan servis dan ketersediaan suku cadang mobil listrik Hyundai Ioniq Electric tetap terjaga. Dengan demikian pemilik Hyundai Ioniq saat ini masih bisa mendapatkan kemudahan suku cadang.

“Namun pelanggan tidak perlu khawatir karena Hyundai Motors Indonesia tetap menjamin ketersediaan suku cadang dan juga layanan yang diberikan bagi para pengguna Ioniq Electric di Indonesia,” tukas Uria.

Nasib Hyundai Ioniq Electric bakal disuntik mati juga terlihat pada data penjualannya selama tahun 2022. Dibanding Kona Electric dan Ioniq 5, penjualan kendaraan listrik ini terbilang lesu.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Hyundai Ioniq hanya mencapai 45 unit selama bulan Januari hingga Oktober lalu. Dari jumlah tersebut, 41 unit di antaranya adalah Ioniq tipe Signature.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Siapkan Pengganti?

Sebagai komparasi Hyundai Ioniq 5 terjual 1.470, di mana 1.189 unit merupakan tipe termahal Ioniq 5 Signature Long Range. Yang menarik, wholesales Hyundai Kona Electric justru lebih rendah di angka 20 unit.

Hyundai Ioniq Electric yang dihentikan penjualannya sedikit banyak menimbulkan pertanyaan tentang model penggantinya kelak

Salah rumornya adalah kehadiran Hyundai Ioniq 6 sebagai pengganti Ioniq Electric. Namun demikian hal tersebut masih sebatas rumor, lantaran prinsipal Hyundai Global belum memberi keputusan terkait kehadiran Ioniq 6 di Indonesia.

"Kami di HMID belum ada arahan lebih lanjut dari pihak global terkait ini ya. So far HMID masih fokus kepada produk-produk yang sudah tersedia di pasar Indonesia saat ini," terang Uria.

Sumber: Otosia.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS