Sukses

Spesifikasi Gahar Motor Drag Race TVS Apache RR 310 Cetak Rekor Baru

TVS Apache RR 310 turbocharged ini sukses raih rekor baru untuk ajang drag race di India.

Liputan6.com, Jakarta - Modifikasi pada sepeda motor drag race kini tidak hanya bermain dalam hal peningkatan volume silinder. Namun, penyematan komponen turbocharged, turut menjadi salah satu resep yang membuat motor tersebut memiliki tenaga yang buas.

Seperti modifikasi TVS Apache RR 310 yang satu ini, motor yang diturunkan pada ajang Valley Run 2022 yang berlangsung di Mumbai, India, berhasil mencetak rekor baru untuk jarak seperempat mil atau 402 meter.

Dalam keikutsertaannya tersebut, TVS Racing turut menurunkan Apache RR 310 yang telah dimodifikasi ekstrem untuk bisa memecahkan rekor tercepat.

Jika melihat spesifikasinya, salah satu komponen yang menopang motor ini bisa memiliki tenaga buas adalah penyematan turbocharged. Untuk jarak 402 meter ini, motor tersebut mampu mencetak waktu 11,5 detik atau memecahkan rekor baru pada ajang dragrace tersebut.

Keberhasilan tersebut tidak hanya ditopang oleh turbo semata, tetapi, beberapa penyempurnaan juga telah dilakukan guna memberikan akselerasi yang lebih baik.

Dilansir Rideapart, TVS Apache RR 310 ini juga telah mendapatkan diet yang membuat power-to-weight menjadi lebih mumpuni.

Di samping itu, penggunaan velg, bodywork dan subframe juga telah menggunakan bahan serat kabron agar bobot menjadi lebih ideal dalam hal akselerasi. Bila dibandingkan dengan versi standarnya, bobot ini menjadi 37 persen lebih ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan Komponen Berbahan Titanium

Sementara mengenai jeroannya, TVS Apache RR 310 telah dipersenjatai dengan connecting rod dan valve berbahan titanium.

Artinya, penggunaan dua komponen tersebut menjadi resep keberhasilan TVS Racing dalam mendapatkan predikat bergengsi.

Demi memberikan handling yang lebih baik, tuner juga telah memberikan beberapa sentuhan lain yang membuat TVS Apache RR 310 ini semakin kompetitif.

Adapun modifikasi yang juga disematkan antara lain adalah mengurangi ketinggian motor agar lebih mendapat center of gravity yang lebih baik, extended swingarm, penggunaan teknologi quick shifter, serta pemasangan beberapa kabel baru yang ditempatkan untuk launch control.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Benda Harus Sering Dibersihkan Hindari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.