Sukses

Harga bZ4X di Indonesia Kalah Murah dari Thailand, Begini Kata Toyota

Terkait posisi harga yang cukup mahal dari Toyota bZ4X di Tanah Air, Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM menjelaskan, dalam menentukan harga jual modelnya selalu memikirkan banyak aspek

Liputan6.com, Jakarta - Toyota bZ4X resmi hadir di Indonesia, dengan banderol Rp 1,190 miliar on the road (OTR) Jakarta. Namun, sebelum dihadirkan di Tanah Air, mobil listrik pertama pabrikan asal Jepang ini telah lebih dulu hadir di Thailand, dengan harga jauh lebih murah, yaitu Rp 780 juta.

Untuk diketahui, Negeri Gajah Putih sendiri menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjual Toyota bZ4X. Dan mobil listrik ini bisa dijual dengan harga lebih terjangkau karena mendapatkan subsidi dari pemerintah Thailand.

Terkait posisi harga yang cukup mahal di Tanah Air, Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut, ada banyak aspek yang mesti dipertimbangkan dalam penentuan harga.

"Pertama, bagaimana penerimaan di pasar, di mana kita melakukan studi yang cukup mendalam bukan sekedar cost (biaya) dan lain-lain," jelas Henry saat ditemui di peluncuran all new Toyota bZ4X di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Lanjut Henry, dalam menentukan harga sebuah produk, raksasa otomotif asal Negeri Matahari Terbit ini, juga melihat bagaimana konsumen di pasar yang akan menerima mobil listrik terbarunya ini.

"Customer-nya seperti apa, dan tentu biaya kita perhatikan. Jadi, kita merasa harga yang kita sebutkan hari ini, adalah harga yang tepat untuk produk ini di segmen konsumennya," tegasnya.

Sementara itu, dengan harga yang tembus hingga Rp 1 miliar, Toyota sendiri belum menargetkan secara spesifik terkait penjualan bZ4X di Indonesia.

"Justru yang kita inginkan itu, bagaimana respons masyarakat. Demand seperti apa, dan Toyota juga selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan ke depannya," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Toyota bZ4X

Berbicara spesifikasi canggih dari Toyota bZ4X, model ini dibangun dari basis platform e-TNGA yang merupakan perbaikan dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, platform ini dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Salah satu kelebihan platform ini, adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan dan belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

Sementara itu, model ini dilengkapi dengan Lithium-ion Battery yang memiliki kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, dengan penggunaan platform e-TNGA, baterai bZ4X bisa diintegrasikan ke dalam sasis, sehingga aman dari benturan dari berbagai sisi.

Masuk ke dalam kabin, tema interior all new Toyota bZ4X adalah kenyamanan dan kelapangan, yang memberikan suasana kabin ala living room. Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Selain itu, untuk pertama kalinya di mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Sebagai sebuah mobil yang canggih, all new Toyota bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya, yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini