Sukses

Jangan Abai, Treatment Ini Juga Perlu untuk Motor Injeksi

Semakin berkembangnya teknologi yang disematkan pada sepeda motor ataupun skuter matik, maka ada beberapa treatment tambahan juga yang harus dilakukan oleh pemilik agar dapat menjaga performa kendaraan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya teknologi yang disematkan pada sepeda motor ataupun skuter matik, maka ada beberapa treatment tambahan juga yang harus dilakukan oleh pemilik agar dapat menjaga performa kendaraan tersebut.

Setidaknya, salah satu perawatan yang harus dilakukan pada motor injeksi adalah dengan melakukan injector clean. Hal ini untuk memaksimalkan semburan bahan bakar dalam proses pembakaran.

Andi Mahrizal, tuner TJM Jakarta, menjelaskan terkait seberapa penting melakukan injector clean pada sepeda motor. Menurutnya, hal ini menjadi penting agar mesin menjadi lebih sehat dan mampu memberikan performa yang maksimal.

"Injector itu kan alat untuk menyemburkan bensin dalam bentuk kabut. Makanya di injector sendiri punya lubang yang variatif, dan tergantung flow rate-nya selama satu menit," buka Andi atau yang akrab disapa Ope, saat dihubungi Liputan6.com. 

Terlebih jika mengingat kualitas bahan bakar yang digunakan untuk sepeda motor. Ia menambahkan kadar timbal dan kadar sulfur ini kadang kerap menyumbat sehingga harus dibersihkan dengan metode injector cleaner.

"Biasanya bahan bakar yang kita pakai kan enggak tahu nih kadar timbalnya berapa dan kadar sulfurnya berapa. Biasanya timbal dan sulfur yang berlebihan dari kualitas bahan bakar yang jelek, akan menyumbat saluran lubang injector," jelas Ope.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilakukan Setiap 10.000 Kilometer

Untuk itu, ia menyarankan bahwa demi memberikan performa yang baik untuk kendaraan, disarankan ada rentang periode yang harus diperhatikan dalam melakukan treatment tersebut.

"Makanya injector clean ini disarankan setiap 10.000 kilometer. Bisa didefinisikan injector clean ini mengembalikan proses pengkabutan injector agar menjadi kembali sempurna. Kalau pengkabutan injektor sudah sempurna, maka bisa berdampak power mesin lebih respon dan irit BBM," imbuhnya.

Tidak hanya injector clean, namun Throttle Body juga perlu mendapatkan perawatan. Hal ini untuk memaksimalkan tekanan udara yang masuk yang memiliki pengaruh terhadap kinerja kendaraan.

"Di throttle body juga ada sensor MAP yang dapat membaca tekanan udara masuk. Kalau sensor MAP ketutup kerak nanti dia baca kecepatan aliran gasnya tidak benar. Itu kan sebanding dengan debit bensin yang disemprot injector," tandas Ope.

3 dari 3 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.