Sukses

Serius Bisnis Mobkas, Carsome Bikin Fasilitas Sulap Mobil Bekas Jadi Baru

Pasar mobil bekas alias mobkas di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil bekas alias mobkas di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Bahkan, di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Tanah Air, geliat penjualan mobkas tidak pernah berhenti, dan terus jadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang hendak membeli kendaraan.

Berkaca dengan kondisi tersebut, dan untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya, salah satu platform jual beli mobkas, Carsome meresmikan Certified Lab.

Tempat yang berlokasi di Gudang Ballrich, Logistic Blok M, Jalan Raya Cakung Cilincing Pal II, Cilincing, Jakarta Utara ini merupakan fasilitas rekondisi mobil tercanggih dan terbesar di Asia Tenggara. Dengan luasan 40 ribu meter persegi, kapasitas untuk melakukan rekondisi mencapai 4.000 unit mobil per bulan.

"Ada dua poin mendasar, ini adalah satu hal yang menjadi pembeda terhadap bisnis mobil bekas pada umumnya. Kita akan membangun fasilitas ini, mobil yang kita ambil kita perbaiki dan kita jadikan mobil yang sesuai standar kita," ujar Eka Sukmansyah, Director of Carsome Certified Lab, di sela-sela peresmian, Kamis (8/9/2022).

Sementara itu, sebelum dilakukan rekondisi, mobkas Carsome Certified ini telah melalui 175 titik inspeksi yang ketat, untuk memastikan mobil bebas kecelakaan besar atau kerusakan akibat banjir.

Inspeksi meliputi setiap aspek yang ada pada mobil, mulai dari sasis, undercarriage atau bagian kolong mobil, mesin, girboks, kelistrikan hingga interior. Termasuk juga dilakukan tes jalan di rute pendek untuk melihat kondisi mobil secara keseluruhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses rekondisi

Kemudian setelah dilakukan inspeksi di 175 titik, mobil akan tiba di Carsome Certified Lab, tempat di mana proses rekondisi akan dilakukan. Sebelum benar-benar direkondisi, konsultan Carsome juga akan memeriksa mobil sekali lagi, untuk ditentukan apa yang harus diperbaiki.

"Selesai pengecekan, data akan diberikan kepada kontrol poin. Jika mobil harus diperbaiki bodi, maka akan dilakukan ke bodi. Jika mobil harus ke general repair, maka harus dilakukan itu, dan seterusnya," tambahnya.

Setelah dilakukan perbaikan dari seluruh bagian mobil, dan juga dilakukan perbaikan bodi, dan juga kembali dilakukan inspeksi 175 titik seperti di awal, dan sudah tidak ada masalah, lalu mobil dibersihkan dan dilakukan perawatan ekstra secara profesional. Baru kemudian, dilakukan foto sesuai standar Carsome, kemudian baru didistribusikan atau di-posting di website dan diler.

Menyoal harga, meskipun tidak disebutkan secara gamblang, namun Carsome menegaskan banderol dari seluruh mobil certified, adalah harga pasti tanpa adanya biaya tersembunyi termasuk dengan garansi satu tahun untuk AC, mesin, dan transmisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.