Sukses

Harga Masih Mahal, Toyota Sebut Pasar Belum Siap Adopsi Kendaraan Listrik

Executive Vice President of Sales Toyota Motor North America (TMNA), Jack Hollis mengatakan tidak ada cukup permintaan konsumen untuk adopsi massal kendaraan listrik di Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta - Executive Vice President of Sales Toyota Motor North America (TMNA), Jack Hollis mengatakan tidak ada cukup permintaan konsumen untuk adopsi massal kendaraan listrik di Amerika Serikat. Hal tersebut, diungkapkan selama webinar yang diselenggarakan Asosiasi Pers Otomotif, ditulis Minggu (28/8/2022).

Jack mencatat bahwa kendaraan listrik baterai masih terlalu mahal, dan infrastruktur pengisian daya belum siap untuk diadopsi secara massal.

"Saya rasa pasar belum siap," kata Hollis. "Saya kira infrastrukturnya belum siap, dan bahkan jika Anda siap untuk membelinya, jika Anda mampu membelinya, harganya masih terlalu tinggi," tambahnyanya lagi seperti disitat dari Carscoops.

Sementara itu, Toyota sendiri telah masuk ke pasar mobil listrik baterai dengan bZ4X, serta sejumlah model yang akan diluncurkan di masa mendatang.

Angka penjualan mobil baru di Negeri Paman Sam sendiri, terungkap bahwa kendaraan listrik menyumbang 5,2 persen dari total pasar pada paruh pertama 2022. Jumlah tersebut, meningkat dari hanya 2,5 persen pada 2021.

Selanjutnya, pemerintah Joe Biden memiliki target kendaraan listrik mampu menyumbang 50 persen dari total pasar pada 2030.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Penjualan EV

Menanggapai target tersebut, Hollis tidak berpikir ini bisa dicapai. Pasalnya, sejak memperkenalkan model hibrida ke pasar 25 tahun lalu, jenis kendaraan ramah lingkungan ini hanya menyumbang kurang dari 10 persen terhadap penjualan kendaraan baru di Amerika Serikat, dikutip dari laporan Forbes.

“Butuh waktu 25 tahun untuk mencapai kurang dari 10 persen (pangsa pasar) untuk hibrida yang terjangkau, yang dilakukan dengan sumber daya yang tersedia,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Toyota

  • bZ4X