Sukses

Toyota Vios Sudah Tak Diproduksi, Kapan Generasi Terbarunya Mulai Dirakit di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah menghentikan produksi dari Vios. Namun generasi terbaru sedan andalan pabrikan asal Jepang ini sudah melakukan debut di Thailand, beberapa waktu lalu dengan nama All New Toyota Yaris Ativ.

Lalu, apakah generasi keempat Toyota Vios ini akan kembali diproduksi di Tanah Air?

"Produksi itu tunggu perintah TAM (Toyota Astra Motor). Pasalnya, jika urusan produksi itu tergantung marketing, kalau belum ada aba-aba yang masih antri (tunggu) terus," ujar Bob Azam, Corporate External Affairs Director PT TMMIN, saat ditemui Liputan6.com di sela-sela pameran GIIAS 2022, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Lanjut Bob, di Toyota sendiri ada istilah first SOP Country, yaitu prioritas model yang diproduksi di sebuah negara. Misalkan, Toyota Vios itu prioritas di Thailand dan Innova di Indonesia. Jadi, ketika sudah berhasil diproduksi di suatu negara, baru di tempat lain.

"Termasuk Indonesia? Ya, kita lihat nanti. Karena kita prioritaskan. Untuk model yang diprioritaskan itu domestik dan ekspor," tegas Bob.

Sementara itu, terkait model yang diprioritaskan, bisa dilihat dari penjualan domestik dan ekspor. Kemudian, prioritas yang kedua, yang banyak penjualan domestik. Selanjutnya, yang ketiga adalah yang banyak diekspor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

All New Toyota Yaris Ativ Meluncur di Thailand

All New Toyota Yaris Ativ telah resmi meluncur di Thailand. Sedan yang di Indonesia dikenal sebagai Toyota Vios itu mengalami perubahan signifikan. Noriaki Yamashita, Presiden Toyota Motor Thailand Co., Ltd menjelaskan, sejak perkenalan perdana 2017 silam, Yaris Ativ selalu menargetkan menjadi mobil yang terjangkau secara harga, efisien dalam konsumsi bahan bakar dan reliabel lewat kualitas produksi.

Sedan ini di Negeri Gajah Putih menjadi yang terdepan dalam penjualan sedan subcompact dengan total 133.000 unit sejak debutnya.

All New Yaris Ativ menggunakan mesin Dual VVT-iE 1.2 liter 4 silinder DOHC yang menghasilkan tenaga maksimal 94 hp di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm di putaran 4.400 rpm.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT-i dengan sequential shift. Selain itu, sedan ini menyediakan mode berkendara yang bisa dipilih yakni Eco, Normal dan Sport. Di atas kertas, Yaris Ativ terbaru memiliki catatan konsumsi bahan bakar 23,3 km/liter.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS