Sukses

Pakai Sasis Daihatsu, Toyota Vios Generasi Baru Debut di Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Vios generasi keempat akhirnya melakukan debutnya di Thailand. Model yang juga memiliki nama Yaris Ativ ini, dibangun di atas platform milik Daihatsu New Global Architecture (DNGA), yang juga sudah digunakan di model Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia serta Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Disitat dari Paultan, Rabu (10/8/2022), dari segi dimensi Toyota Vios anyar ini lebih besar dibanding pendahulunya. Sedan andalan dari pabrikan asal Jepang ini, lebih panjang 5 mm menjadi 4,425 m, lebih lebar 10 mm menjadi 1,74 m, dan lebih tinggi 5 mm menjadi 1,48 m.

Selain itu, wheelbasenya juga lebih panjang 70 mm menjadi 2,62 m. Dengan begitu, kabin mobil ini akan lebih luas dibanding model sebelumnya.

Berbicara jantung penggeraknya, Toyota Vios generasi baru ini ditawarkan dengan pilihan mesin bensin berkapasitas 1.200 cc Dual VVT-i.

Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan daya hingga 94 ps dengan torsi maksimum sebesar 110 nm. Mesin tersebut, dikawinkan dengan CVT dan dengan penggerak roda depan.

Berbicara fitur yang tertanam di model, dan untuk pertama kalinya sudah mengadopsi Toyota Safety Sense (TSS), yang terdiri dari pre-collision system, lane-departure alert, front departure alert, pedal misoperation control, auto high-beam function dan rear-cross traffic alert.

Terkait kehadirannya di Tanah Air, sejatinya hanya tinggal tunggu waktu. Pasalnya, setelah meluncur di Thailand, negara Asia Tenggara lainnya akan menyusul termasuk Indonesia, yang kini Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dikabarkan sudah berhenti produksi Vios model saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Vios Berhenti Produksi, Ini Jawaban Toyota Indonesia

Toyota Vios dikabarkan resmi berhenti diproduksi di Indonesia. Dugaan tersebut mencuat, setelah muncul video di media sosial terkait ucapan perpisahan dan terima kasih untuk salah satu sedan andalan pabrikan asal Jepang ini.

Dari video yang diunggah akun instagram @mobilgue, terlihat video diawali dengan rangka Vios dan kemudian menyorot beberapa karyawan yang membawa potongan kertas bertuliskan 'Sayonara Vios'.

Dalam video tersebut, juga terdengar seorang karyawan yang mengucapkan terima kasih untuk Vios yang sudah menjadi sejarah sukses berdirinya plant 2 atau pabrik perakitan milik Toyota Indonesia.

Mencoba mengonfirmasi hal tersebut, Bob Azam selaku Corporate External Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) enggan untuk berkomentar lebih jauh. Pria ramah ini hanya mengatakan, pasokan untuk Vios tetap terjaga hingga saat ini.

"Bersama dengan TAM (Toyota Astra Motor), kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga," ujar Bob melalui pesan elektronik kepada Liputan6.com.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS