Sukses

Kawasaki Mulai Berani Umbar Rencana Pengembangan Motor Listriknya

Sekarang Kawasaki tidak merahasiakan rencananya untuk kendaraan roda dua listrik dan hibrida. Mereka sudah menyatakan bahwa pada 2025 bakal ada 10 model baru.

Liputan6.com, Jakarta - Elektrode menjadi kendaraan listrik pertama Kawasaki yang telah diperkenalkan. Namun sayangnya, itu bukan motor listrik melainkan sepeda keseimbangan untuk anak-anak.

Tidak mau para penggemarnya gigit jari, Kawasaki berencana meluncurkan dua model baru bertenaga baterai tahun depan.

Sekarang Kawasaki tidak merahasiakan rencananya untuk kendaraan roda dua listrik dan hibrida. Mereka sudah menyatakan bahwa pada 2025 bakal ada 10 model baru.

Elektrode adalah yang pertama, dan selanjutnya menyusul jenis sportbike dan naked bike. Bukti itu berasal dari dekoder nomor identifikasi kendaraan (VIN) yang diperbarui untuk model Kawasaki 2023. Kabar itu telah dirilis oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS.

Dekoder VIN mencantumkan dua model dengan nama kode yang tidak dikenal, yakni NX011AP dan NR011AP. Model NX terdaftar sebagai "Super Sports", sedangkan model NR terdaftar sebagai model "Sports".

Untuk Kawasaki, ini biasanya menunjukkan motor sport dan naked bike. Ninja 400 misalnya, dianggap sebagai model "Super Sports", sementara Kawasaki menyebut Z400 sebagai model "Sports".

Ninja 400 memiliki kode model EX400 sedangkan Z400 adalah ER400. Jadi kita dapat menyimpulkan NX adalah sportbike dan NR adalah model telanjang.

Beberapa kolom terakhir di sebelah kanan seperti memberikan informasi mengenai powertrain listrik. Setelah kolom Super Sports/Sports, dekoder VIN mencantumkan perpindahan mesin, jumlah langkah dalam siklus mesin, jumlah silinder, dan output mesin yang diklaim dalam kilowatt.

Ini memberitahu kita bahwa model misteri tidak ditenagai oleh mesin pembakaran internal, kemungkinan bertenaga baterai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Performa

Menurut motorcycle.com, NX011 dan NR011 mampu menghasilkan tenaga 11 kW (14,8 hp). Angka ini seharusnya lebih bertenaga daripada minibike Kawasaki Z125 Pro, tetapi tidak sekuat KLX230. Mereka juga tidak akan cocok untuk orang-orang yang mengendarai Harley-Davidson LiveWire atau Zero S.

Prototipe listrik Kawasaki juga mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki sepeda motor listrik lainnya, yaitu transmisi manual empat kecepatan. Masih harus dilihat apakah NX011 dan NR011 akan menawarkan gearbox manual.

Keduanya juga jelas merupakan nama kode internal, dan banyak menduga Kawasaki ingin memasukkan merek Ninja dan Z yang sudah mapan.

Kabar yang beredar, banyak dugaan kalau Kawasaki akan mengungkapkan dua sepeda motor listriknya di salah satu pameran sepeda motor besar di musim gugur, baik Intermot pada Oktober atau EICMA pada November.

Sekadar informasi, Elektrode merupakan model listrik pertama dari Kawasaki. Ia merupakan produk global. Sepeda listrik itu dirancang untuk anak-anak usia 3 hingga 8 tahun.

Wujudnya seperti push bike atau balance bike yang biasa kita kenal. Hanya saja dia sudah dibekali baterai dan motor penggerak. Di Indonesia, unit ini dibanderol Rp 20 jutaan.

Sumber: Oto.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.