Sukses

Cara Daihatsu Ajak Masyarakat Tingkatkan Keselamatan Berkendara di Jalan Raya

Salah satu caranya, adalah dengan dengan memberikan edukasi seputar pentingnya safety driving

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu produsen mobil terbesar di Indonesia, PT Astra Daihatsu motor (ADM) tidak hanya fokus pada bisnis semata. Pabrikan asal Jepang ini juga berkomitmen dan peduli dengan keselamatan berkendara di jalan raya.

Salah satu caranya adalah dengan dengan memberikan edukasi seputar pentingnya safety driving untuk meminimalisir angka kecelakaan. Komitmen ini diwujudkan dalam acara training & sertifikasi pelopor ayo aman berlalu lintas.

Acara hasil kerjasama antara Astra Daihatsu dengan GT Radial ini berlangsung di Astra Daihatsu Majapahit, Semarang, Jawa Tengah pada 11 Juni 2022, dan dihadiri oleh total 60 peserta, yang merupakan sahabat klub Daihatsu, sekaligus kelanjutan dari rangkaian acara Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang telah berlangsung sebelumnya di Bali, Mandalika, dan Surabaya.

Daihatsu juga menghadirkan pakar safety driving, yaitu Sony Susmana, Senior Instruktur SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia) sebagai narasumber dalam memberikan tips seputar safety driving.

Salah satu tips yang diberikan adalah seputar manuver. Manuver sendiri sering diartikan sebagai reaksi pengemudi ketika melakukan tindakan seperti zig-zag, selap selip, pengereman mendadak, berbelok, dan kondisi khusus lainnya.

Manuver pun dibagi menjadi dua (2) kategori, yaitu manuver ekstrim, dan manuver aman.

Manuver ekstrim dapat berdampak buruk ketika pengemudi tidak dapat mengontrol kendaraannya dan berujung terjadinya selip. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manuver Aman

Sedangkan Manuver Aman yaitu, pengemudi selalu dalam kontrol emosi yang stabil dan dengan penuh tanggung jawab.

Berikut ini adalah 4 hal utama dalam mendukung manuver aman, yaitu Operational (Driving technic), Seat position (Ergonomis & dinamis), Pergerakan atau kecepatan (lingkungan), dan Track area (Lurus, Jumping & tikungan).

Pergerakan atau Kecepatan yang selaras dengan kondisi lalu lintas di sekitar sangat penting untuk menghindari resiko kecelakaan tabrakan depan dan belakang. Selalu patuhi aturan kecepatan sesuai dengan rambu lalu lintas dan tentukan lajurnya dengan benar.

Ben Faqih, Head People Development Department – Customer Satisfaction & Value Chain PT ADM berharap, semoga program ini dapat memberikan pemahaman lebih baik kepada sahabat akan safety driving.

"Diharapkan Sahabat dapat menerapkan dasar berkendara tersebut agar perjalanan dan aktivitas sehari-hari dapat tetap aman bagi keselamatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain di sekitar kita”, ujar Ben Faqih, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini