Sukses

Saingi Mercedes-AMG One, Red Bull Siapkan Supercar Berbasis Mobil Formula 1

Liputan6.com, Jakarta - Pasca kehadiran supercar Mercedes-AMG One di industri otomotif, rupanya turut mengusik pesaing mereka di ajang Formula 1, Red Bull Racing, untuk menghadirkan supercar tandingan.

Supercar yang kabarnya akan menggunakan nama RB17 ini, akan dikepalai langsung oleh sosok penting dari tim tersebut, yakni Adrian Newey, yang memegang jabatan sebagai Chief Technical Officer di Red Bull Racing.

Rencananya, supercar yang akan menjegal popularitas dari Mercedes-AMG One ini akan diproduksi secara terbatas, yakni hanya sekitar 50 unit. Dengan label eksklusif ini, maka harga yang akan dipatok pun sudah dipastikan akan menguras kantong para miliuner di luar sana.

"RB17 menyaring semua yang kami ketahui tentang menciptakan mobil Formula 1, pemenang kejuaraan ke dalam paket yang memberikan tingkat performa ekstrem dalam mobil track dua kursi. Didorong oleh semangat kami untuk performa di setiap level, RB17 mendorong desain dan batasan teknis jauh melampaui apa yang sebelumnya tersedia bagi para penggemar dan kolektor," jelas Newey.

Meskipun secara spesifikasi supercar ini masih belum bisa diungkap secara penuh ke publik, namun, beberapa hal yang terkait penggunaan mesinnya sudah tercium oleh beberapa sumber.

Supercar Red Bull RB17 disinyalir bakal menggendong mesin hybrid berkonfigurasi V8 yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 1.100 tk dan dibangun menggunakan bahan carbon composite.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dibanderol dengan Harga Rp 89 Miliar

Tidak hanya itu, mereka juga telah menyiapkan racikan khusus yang dapat meningkatkan performa supercar dengan menampilkan paket ground effect tercanggih dari semua seri mobil yang pernah diproduksi di muka bumi.

"RB17 menandai tonggak penting dalam evolusi Red Bull Advanced Technologies, sekarang sepenuhnya mampu menciptakan dan memproduksi mobil produksi seri di Red Bull Technology Campus kami. Selanjutnya, RB17 menandai pertama kalinya sebuah mobil yang memakai merek Red Bull tersedia untuk kolektor," tambah Christian Horner, CEO Red Bull Racing dan Red Bull Advance Technologies.

Sementara itu, menelisik harga yang bakal dipatok untuk satu unit supercar, dari informasi yang diberikan, RB17 akan dibanderol dengan harga USD 6 juta atau setara dengan Rp 89 miliar.

Selain mendapatkan unit, konsumen supercar RB17 ini juga akan mendapatkan keuntungan lain seperti dukungan servis serta pemeliharaan berkelanjutan dari pabrik, serta akan mendapatkan akses langsung ke simulator Red Bull Racing dan pengalaman on-track.