Sukses

Mengulik Spesifikasi New Honda ADV160 yang Dibanderol Nyaris Rp40 Juta

Liputan6.com, Jakarta - New Honda ADV160 resmi dipasarkan di Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor penjelajah andalan pabrikan asal Jepang ini, mendapatkan ubahan mulai dari tampilan, mesin baru, hingga teknologi dan fitur terkini.

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengatakan kontur dan kondisi jalanan di Indonesia yang beragam menjadi poin tersendiri untuk kesenangan berkendara bagi pengendara yang gemar menjelajah.

"New Honda ADV160 kini hadir semakin tangguh, bertenaga, dan juga nyaman untuk dikendarai. Skutik ini pilihan tepat bagi pecinta skutik besar yang tangguh dan kokoh," ujar Loman, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

New Honda ADV160 mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Seperti di bodi samping belakang, mempunyai penampang lebih lebar dan menambah luas volume bagasi.

Dari tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Windshield two step adjustable, windscreen yang biasa digunakan di motor besar, tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian. Selain itu, di bagian belakang disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal saat menikung.

Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mesin

New Honda ADV160 didukung mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin baru tersebut mampu menghembuskan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW pada 8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 NM pada 6.500 rpm.

Panel meter full digitalnya berdesain baru, memiliki layar besar dan berkesan tangguh. Pengguna kini bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer atau rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter.

Sisi keamanan, new Honda ADV160 didukung dengan Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan USB charger di konsol box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger model lama.

Dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic, dan Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Selain itu, fitur ESS (Emergency Stop Signal) tetap menjadi andalan, dan ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

New Honda ADV160 dipasarkan dengan dua tipe, ABS dan CBS dengan total enam varian warna. Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (On The Road Jakarta), tersedia dalam tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White.

Di tipe ini, emblem di samping bodi semakin manis dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar. Sementara itu tipe CBS dibanderol Rp 36.000.000 (On The Road Jakarta), dan mendapat tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.