Sukses

Viral Pengemudi Pelat RFH Aniaya Anak Anggota DPR di Tol, Kronologi hingga Berujung Bui

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pemukulan terjadi di ruas jalan tol, yang dilakukan pengemudi mobil dengan pelat RFH. Pelaku melakukan penganiayaan di pinggir jalan bebas hambatan Gatot Subroto, Tebet arah Cawang.

Dalam video yang viral di media sosial itu tidak dijelaskan penyebab keributan tersebut. Namun yang pasti, ada tiga orang yang bersitegang dalam peristiwa tersebut. Salah satu pria yang menggunakan jas terlihat langsung menyerang pengemudi yang menggunakan kemeja.

Video viral berdurasi 36 detik ini memperlihatkan, pria yang diduga korban dipukul di bagian kepala. Bahkan, pria berjas mendorong dan menarik lawannya hingga terjatuh.

"Pemukulan di jalan tol. Lokasi Tol Gatsu, Teber arah Cawang," tulis pemilik akun @dashcam_owners_indonesia sebagai keterangan unggahan, dikutip Minggu (5/6/2022).

Tidak berhenti sampai pemukulan saja, pria yang diduga korban masih tidak terima dan terlihat adu mulut dengan pria yang menggunakan batik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan adanya kejadian itu. Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada Sabtu 4 Juni pukul 12.40 WIB.

"Iya benar, TKP di ruas Jalan Tol Dalam Kota dekat Gerbang Tol Tebet arah Cawang," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Anak Anggota DPR

Zulpan menerangkan, korban bernama Justin Frederick telah membuat laporan ke Polda Metro Jaya.

Laporan terdaftar dengan nomor LP/B/2720/VI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 4 Juni 2022.

"Jadi membenarkan adanya laporan dari korban di Polda Metro. Iya (terlapor) pemobil RFH itu," ucap dia.

Zulpan membenarkan pelapor atas nama Justin Frederick merupakan anak anggota DPR atas nama Indah Kurnia. Dari situs dpr.go.id, Indah Kurnia merupakan anggota DPR period 2009-2014 dan 2019-2024.

 "Korban atas nama Justin frederick. Betul (anak politisi PDIP Indah Kurnia)," kata Zulpan.

Indah sendiri menyesalkan penganiayaan terhadap anaknya tersebut. Indah mengaku mengetahui anaknya menjadi korban penganiayaan dari media sosial.

"Saya prihatin dan sedih sekali, karena anak saya mendapatkan perlakuan yang sewenang-wenang di jalan dan tidak bersalah," kata Indah saat dihubungi.

Dia juga merasa berterima kasih kepada pengguna jalan lainnya yang telah menyaksikan bahkan merekam kejadian tersebut secara langsung. Dari tayangan video yang beredar, korban terlihat beberapa kali dipukul oleh terduga pelaku.

"Saya berterimakasih kepada Polda dan kepada pengguna jalan, yang saat itu berada di belakang mobilnya justin dan menyaksikan secara langsung Justin dihajar oleh dua orang tersebut tanpa perlawanan," ungkapnya.

Dia mengaku tak tega dan tidak berani melihat tayangan anaknya yang menjadi korban pemukulan tersebut. Namun dia tak lupa berterima kasih kepada pengguna jalan yang telah membantu memviralkan kejadian itu.

3 dari 4 halaman

Pelaku Ditangkap dan Ditahan Polisi

Polisi bergerak cepat mengusut kasus dugaan penganiayaan pengemudi mobil nomor B-1146-RFH terhadap pemobil bernama Justin Frederick di Tol Dalam Kota Jakarta. Pengemudi dan penumpang tersebut ditangkap polisi.

"Sudah (diamankan). Keduanya kita amankan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan, Sabtu (4/6).

Polisi masih mendalami unsur pidana dilakukan keduanya. Terduga pelaku terancam dijebloskan ke bui.

"Kita periksa malam ini. Kita akan tangkap dan tahan sesuai kapasitasnya," tandas dia.

 

4 dari 4 halaman

Kronologi Pemukulan

Beredar video keributan di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Pengemudi bernama Justin Frederick dihajar tanpa ampun.

Video pemukulan tersebar di media sosial. Salah satunya diunggah @merekamjakarta.

Video berdurasi 36 detik memperlihatkan korban dipukuli pria berjas merah. Pria berjas mendorong-dorong dan menarik-narik korban hingga jatuh tak berdaya. Korban sempat beradu mulut dengan pria mengenakan batik kala pria berjas menyudahi memukul korban.

Polisi menyebut insiden itu berawal ketika pengemudi mobil bernama Justin Frederick melintas dari arah Jakarta Timur laju kendaraannya diserobot pengemudi mobil dengan pelat nomor B-1146-RFH dari arah kiri. Insiden itu mengakibatkan mobil dikemudikan Justin Frederick terserempet.

"Si (pengemudi) RF ini kan mengambil dari sebelah kiri dan mengakibatkan mobil pelapor terserempet mobil terlapor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Sabtu (4/6).

Zulpan mengatakan, pengemudi mobil pelat RFH tersebut lantas mendatangi kendaraan Justin. Kala itu Justin juga turut keluar dari dalam mobil sehingga terjadi pemukulan.

"Saat turun si anak ini terus yang (pengemudi pelat) RF ini turun kemudian terjadi pemukulan seperti itu," ucap dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS