Sukses

All New Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross, Siapa Paling Menggoda?

Liputan6.com, Jakarta - All new Honda HR-V bermain di segmen yang ramai pesaingnya. Salah satu model yang berhadapan dengan produk Honda ini adalah Toyota Corolla Cross.

Secara harga, keduanya bermain di rentang harga Rp 400 jutaan sampai Rp 500 jutaan. Lantas bagaimana jika keduanya disandingkan? Mari kita simak bersama.

Tawaran Varian dan Harga

Kami lebih senang membahas faktor ini pertama kali, sebab menjadi penilaian pertama mengapa keduanya layak dibandingkan. Toyota Corolla Cross hadir dengan dua varian yakni mesin konvensional dan hybrid.

Model hybrid dibanderol Rp 506,1 juta dan mesin bensinnya ditawarkan dengan harga Rp 463,510 juta. Sayangnya untuk model mesin konvensional ini masuk dalam daftar spot order alias harus dipesan dulu untuk mendapatkannya. Melihat ini varian hybrid lebih banyak dibeli.

Sementara All New Honda HR-V ditawarkan dengan beberapa varian. Pertama ada varian S CVT dengan harga Rp 362,9 juta, varian E CVT dengan harga Rp 382,9 juta dan SE CVT dengan harga Rp 403,1 juta.

Masih ada varian RS Turbo yang dibanderol termahal Rp 513,9 juta. Dari hasil penjualan varian SE mendominasi pilihan konsumen.

Terlihat dari harga, Honda memberikan pilihan yang lebih banyak dibandingkan Toyota. Selain itu khusus pada varian teratas yakni HR-V RS Turbo langsung bertarung dengan model Corolla Cross Hybrid. Ini membuat konsumen tinggal memilih teknologi seperti apa yang diinginkan

Tampilan Luar 

Kedua produk ini merupakan SUV modern yang hadir dengan bentuk modern. Berbeda dengan Honda HR-V generasi terdahulu yang lebih pada SUV perkotaan, sisi eksterior All New HR-V kini lebih sporty dan futuristik. Corolla Cross hadir dengan sisi SUV khas yang tangguh meski tetap terlihat sisi modern sebuah SUV.

Toyota Corolla Cross yang menawarkan dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm dengan jarak sumbu roda sejauh 2.640 mm.

Penerangannya sudah menggunakan LED di depan dan belakang. Kaki-kakinya menggunakan pelek 18 inci dark grey chrome dan ban 225/50 R18.

Corolla Cross ditawarkan dengan pilihan warna attittude black metallic, platinum white pearl, metal stream metallic, red mica metalic, graphite metallic, celestite gray metallic, dan nebula blue metallic.

All New HR-V menawarkan ukuran dimensi panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.590 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.610 mm. Jarak pijak depannya sejauh 1.545 mm dan jarak pijak belakang sejauh 1.550 mm.

Pada varian RS, penerangannya sudah menggunakan LED dengan sequential LED untuk lampu sein. Kaki-kakinya menggunakan pelek 18 inci berdesain bilah.

Ada enam varian warna yang bisa dipilih yakni platinum white pearl, crystal black pearl, meteoroid gray metallc, lunar silver metallic, sand khaki pearl dan ignite red metallic yang hadir khusus di varian Turbo RS. Warna Sand khaki pearl dan ignite red metallic memiliki opsi two tone dimana konsumen menambah biaya Rp 1,5 juta untuk pemesanan ini.

Soal desain kembali ke selera masing-masing. Namun bila dilihat dari ukuran dimensinya, Corolla Cross tampak lebih besar baik panjang, lebar maupun tingginya.

Kenyamanan Interior 

Tampilan interior Toyota Corolla Cross terlihat klasik dengan penggunaan warna hitam elegan bercampur dengan silver. Beberapa kenyamanan hadir dari pengaturan bangku pengemudi elektrik enam arah, iluminasi pada dashboard, drive mode yang terdiri dari ECO, sport dan EV khusus di model hybrid.

MID nya menggunakan gabungan antara digital dan manual. Head unit 9 inci dengan beragam fitur seperti NFC dan voice command jadi standar. kenyamanan lainnya adalah hadirnya audio steering switch di lingkar kemudi dan pengaturan AC dual zone digital.

Kenyamanan lainnya hadir dari power moonroof untuk kelegaan kabin serta automatic power back door dengan kick sensor untuk kemudahan memasukkan barang.

HR-V RS menawarkan layar TFT Meter Cluster berukuran 7 inci, layar head unit 8 inci capacitive dengan kemampuan memutar beragam format hiburan, sambungan telepon pintar, voice command dan lainnya.

Layar ini juga menjadi tempat untuk memperlihatkan gambar pada kamera fitur Honda Honda LaneWatch. Selain itu kamera belakang mampu memperlihatkan beberapa sudut pandang untuk kemudahan memarkir mobil. Head unit ini disambungkan dengan empat speaker dan dua tweeter yang tersebar di interior HR-V.

Kenyamanan lainnya untuk penumpang dan pengemudi hadir dari audio steering switch, tiga mode berkendara, eco assist, fitur cruise control, lingkar kemudi dengan balutan kulit, serta kehadiran panoramic glass roof.

Hadir juga beberapa USB port di baris pertama dan kedua untuk kemudahan pengisian daya gadget selama berkendara. Pengaturan AC juga sudah digital dengan tombol dial berkemampuan Auto AC serta hadirnya ventilasi AC di baris kedua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Fitur Canggih 

Beberapa fitur keselamatan standar di Corolla Cross antara lain pengereman ABS +EBD dan BA standar, vehicle stability control, serta back and corner sonar. Masih ada Hill start assist, emergency braking signal, SRS airbag di depan, samping serta bagian bawah.

Soal fitur keselamatan, All New HR-V menawarkan struktur rangka G-CON Ace dengan side impact beam. Terdapat empat airbags di depan dan samping, sabuk keselamatan di baris pertama dan kedua, ISOFIX, sensor parkir dan kamera belakang.

Ada juga Hill start assist, hill descent control, vehicle stability assist, emergency stop signal, dan brake overdrive system. Untuk keamanan, HR-V hadir dengan kunci smart key, auto door lock by speed, immobilizer, alarm system, rear seat reminder dan walk away auto lock.

Honda Sensing juga hadir di semua varian HR-V terbaru. Fitur ini terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Teknologi Honda Sensing sebelumnya juga telah diterapkan pada model-model seperti Honda Odyssey, Honda Accord, All New Honda Civic RS, Honda CR-V dan All New Honda BR-V.

Kesimpulan

HR-V memang hadir dengan fitur keselamatan yang dominan. Namun dengan kondisi pemesanan yang mengular, calon konsumen tentu berharap bisa mendapatkan produk yang cepat juga alternatif lainnya.

Corolla Cross, terutama yang hybrid, memiliki rentang harga yang tidak terlalu jauh dengan HR-V RS dan bisa menjadi pilihan untuk yang mencari alternatif varian HR-V SE. Khusus yang mengincar mesin konvensional, harus bersabar karena Toyota memasukkan varian ini dalam spot order.

Kini pilihan kembali kepada ketersediaan dana masing-masing. Kedua model ini menghadirkan dua teknologi yang berbeda dengan keunggulannya tersendiri.

Sumber: Oto.com