Sukses

Sempat Muncul di MotoGP Mandalika, Aprilia SR GT 200 Meluncur Duluan di Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Aprilia SR GT 200 yang sebelumnya sempat menampakan diri di arena MotoGP Mandalika 2022, meluncur lebih dulu di Malaysia. Dikutip dari Paultan, Senin (23/5/2022), ada dua model yang dirilis, yakni SR GT 200 dan SR GT 200 Sport.

Skutik 200cc rakitan Piaggio Vietnam itu dibanderol RM 19,900 atau setara Rp 66,4 juta untuk SR GT 200, dan RM 20,900 atau Rp 69,8 juta off the road untuk SR GT 200 Sport.

Sedikitnya ada tiga pilihan warna yang disuguhkan Aprilia SR GT 200, di antaranya Aprilia Black, Street Grey dan Infinity Blue. Sementara skema warna SR GT 200 Sport, meliputi Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway.

Tipe tertinggi skutik bergaya adventure itu makin spesial berkat logo 'a' khas Aprilia, jok two-tone, serta pelek kelir merah.

Bicara soal performa, Aprilia SR GT 200 mengandalkan mesin satu silinder 174cc empat katup SOHC berpendingin cairan. Jantung mekanis tersebut mampu menyuguhkan daya 17,4 Tk dengan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Skutik ini dibekali sistem pengereman cakram hidrolik tunggal baik dengan piringan berdiameter 260mm di depan dan 220 di belakang. Fitur ABS di roda depan menjadi perlengkapan standar.

Skutik ini menggunakan ukuran pelek yang berbeda, di depan menggunakan 14 inci dan belakang 13 inci. Sementara ukuran bannya, 110/80 untuk depan dan belakang 130/70.

Sementara sistem suspensi yang digunakan menggunakan produk Showa. Di bagian depan, terdapat shock teleskopik dengan travel 120mm, sedangkan di belakang menggunakan peredam kejut kembar dengan preload yang dapat disesuaikan.

Aprilia SR GT 200 sendiri memiliki bobot 144 kg dengan volome tangki bahan bakar mencapai 9 liter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bakal Masuk Pasar Indonesia

Skutik Aprilia SR GT muncul di booth Aprilia Indonesia di arena MotoGP Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Apakah ini menjadi sinyal jika skutik bergaya adventure ini bakal dirilis di pasar otomotif Tanah Air?

Ekspansi produk dari merek jualan motor Aprilia di Tanah Air sepertinya akan terwujud. Kita tahu, sejak beberapa tahun lalu untuk pasar domestik mereka hanya membawa dan menjual motor bermesin besar saja.

Bila benar, kemungkinan terbesarnya adalah Aprilia SR GT yang akan diluncurkan. Tongkrongan yang dibawa bisa dibilang mirip-mirip dengan Honda ADV150 yang saat debutnya di 2019 lalu menuai respons positif dari konsumen.

Sekadar informasi, Aprilia SR GT pertama kali diperkenalkan di pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia. Dia memiliki desain yang mengambil inspirasi tampilan dari model Aprilia yang lain dengan beberapa detail mirip siluet SXR.

Sebagai skutik adventure, gayanya diterjemahkan lewat penggunaan lampu depan tri-LED, komponen windshield, dan pengaplikasian suspensi panjang di bagian depan.

Sementara dari samping, ciri khas Aprilia konsisten, dia tak memiliki dek yang rata dan dipisahkan dengan bodi di tengah yang sepertinya jadi tempat tangki bahan bakar.

Secara umum, tampilan dari SR GT ini punya tarikan bodi yang tegas, tidak kaku, dan sporty. Itu bisa dilihat dari beberapa cekukangan bodi di depan, samping, sampai belakang.