Sukses

Tak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Mengusir Jamur Kaca pada Mobil Kesayangan

Mobil perlu dirawat secara berkala agar tetap nyaman dan aman selama digunakan. Tak hanya melakukan penggantian oli dan komponen secara berkala saja, Anda juga perlu rajin membersihkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil perlu dirawat secara berkala agar tetap nyaman dan aman selama digunakan. Tak hanya melakukan penggantian oli dan komponen secara berkala saja, Anda juga perlu rajin membersihkannya.

Pembersihan ini bertujuan untuk menghindarkan mobil dari kotoran dan bakteri yang dapat membuat tampilan mobil menjadi kurang enak untuk dipandang.

Salah satu contoh masalah yang ditimbulkan ketika Otolovers kurang rajin dalam membersihkan kendaraan adalah munculnya jamur di kaca mobil. Jamur ini disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang menempel.

Namun, Otolovers tak perlu khawatir karena artikel di bawah ini akan membahas mengenai cara menghilangkan jamur di kaca mobil. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara menghilangkan jamur.

Glass Cleaner

Glass Cleaner merupakan alat yang dapat digunakan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil. Umumnya pembersih ini berbentuk cairan dengan tekstur yang kental dan pekat. Fungsi cairan ini bukan hanya untuk membersihkan kaca yang berjamur, tetapi juga dapat memberikan kilau optimal.

Pembersih yang berkualitas harus bisa membersihkan minyak, oli, atau jamur yang telah masuk pada pori-pori kaca. Selain itu kerak dan residu yang membandel dapat dengan mudah dihilangkan. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembersih Kaca Aquarium

Tekstur yang dimiliki oleh pembersih kaca aquarium adalah cair dan relatif lebih mudah diratakan daripada pembersih khusus kaca mobil. Begitu juga dengan penggunaannya yang tidak bisa sembarangan. Setelah melakukan penggosokan pada kaca dengan pembersih ini, sebaiknya segera dibilas dengan air.

Hindari terlalu lama membersihkannya, sebab jika pembersih ini mengering maka akan meninggalkan bercak yang cukup sulit untuk dihilangkan. Tak hanya itu, Sebaiknya Otolovers menggunakan sarung tangan latex ketika mengaplikasikan cairan ini karena dapat menyebabkan gatal jika terkena kulit. 

Pasta Gigi dan Alkohol

Cara terakhir yang dapat Otolovers aplikasikan pada kaca mobil yang berjamur adalah dengan menggunakan perpaduan antara pasta gigi dan alkohol.kedua bahan ini tentunya sangat mudah untuk ditemukan. Meskipun hasil yang dihasilkan kurang maksimal dibanding dengan glass cleaner, akan tetapi kombinasi dua bahan ini dapat menjadi alternatif untuk mengusir jamur kaca. 

Keefektifan alkohol 50-90% sebagai pembersih kaca masih dapat dipertimbangkan. Selain itu, pasta gigi berwarna putih (non gel) merupakan salah satu pilihan alternatif yang cukup meyakinkan sebagai cara menghilangkan jamur di kaca mobil. 

Pengaplikasiannya pun cukup mudah, Otolovers cukup membersihkan kaca dengan alkohol kemudian memakai pasta gigi di titik jamur yang sulit dibersihkan. Basahi kain lembut dengan alkohol kemudian gosokkan secara merata untuk membersihkan kaca mobil dari jamur.

Demikian, cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan beberapa bahan yang mudah ditemui, sehingga dapat dengan mudah Otolovers aplikasikan di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Otolovers.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

 

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.