Sukses

Mengenal Sosok Toyota Probox, Mobil Niaga Minimalis yang Memukau

Pasar kendaraan niaga memiliki kebutuhan yang berbeda dibanding mobil penumpang. Daya tarik utama di segmen ini adalah daya tahan, daya tampung, serta biaya perawatan terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kendaraan niaga memiliki kebutuhan yang berbeda dibanding mobil penumpang. Daya tarik utama di segmen ini adalah daya tahan, daya tampung, serta biaya perawatan terjangkau.

Bahkan beberapa mobil belum berganti model dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa terlihat dari kumpulan mobil niaga secara global. Banyak yang masih mengandalkan platform awal. Artinya minim perubahan besar untuk menjaga biaya perawatan yang terjangkau.

Salah satu mobil niaga yang cukup dikenal di Jepang dan beberapa negara lain adalah Toyota Probox. Mobil lansiran 2002 ini masih menjadi pilihan yang diminati banyak orang, meski minim fitur dan teknologi.

 

 

Toyota Probox pada dasarnya adalah mobil station wagon yang digunakan untuk kebutuhan komersil. Melansir motor1.com, Probox disegmentasikan sebagai mobil komersial dibandingkan untuk kendaraan penumpang. Hal ini terlihat dengan minimnya fitur-fitur modern dan eksterior maupun interior yang sederhana.

Secara eksterior, Toyota Probox tidak ditempelkan ornamen yang mempermanis tampilan. Mobil ini masih menggunakan bohlam halogen untuk lampu depan dan belakang, tidak mempunyai lampu kabut, dan berpelek kaleng yang tidak ditutupi cover dop.

Sementara interior station wagon ini juga memiliki kasus yang sama. Bagian dasbor, secara standar, belum dilengkapi radio ataupun head unit, namun tersedia phone holder yang berguna untuk pengemudi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sederhana

Selain itu cluster speedometer terbagi menjadi petunjuk kecepatan berlingkaran besar, sedangkan informasi lainnya tertera di display digital dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Ada juga fitur AC semi digital dengan proses penggunaan sederhana, di mana dua kenob di kiri digunakan untuk mengatur temperatur dan fanspeed, lalu kenob di kanan atau di versi lebih mahal, serta layar menunjukkan informasi terkait. Tipe termahal juga bisa mengatur temperature secara otomatis.

Kursi mobil ini pada umumnya mempunyai jok depan dengan sanderan kepala yang menyatu dan jok belakang berupa bench seat tanpa head rest. Jok baris kedua bisa dilipat rata untuk mengubah guna Probox menjadi minivan.

3 dari 4 halaman

Performa dan harga

Untuk urusan keselamatan, Probox secara umum sudah dilengkapi dual airbags untuk penumpang depan dan rem ABS. Namun tipe termahal di Jepang sudah disematkan Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Lane Departure Alert, Collision Mitigation Braking System, dan Auto High Beam.

Toyota probox tersedia dengan tiga pilihan mesin. Pertama adalah jantung 1.300cc dengan tenaga 94 hp dan torsi 130 Nm, lalu mesin 1.500cc yang menghasilkan output 107 hp dengan torsi 141 Nm.

Terakhir adalah pilihan 1.500cc hybrid dengan semburan tenaga 74 hp dan torsi 111 Nm. Mesin itu dipadu motor listrik dengan output 61 hp dan torsi 169 Nm. Khusus pasar Jepang, seluruh model menggunakan transmisi CVT dan bisa dipilih penggerak roda depan (FWD) atau penggerak empat roda (AWD).

Toyota Probox dijual mulai dari 1.491.000 Yen atau Rp 186,5 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 125,09) untuk tipe termurah Probox G 1.3, sementara tipe termahal Probox F 1.5 hybrid dibanderol 2.014.000 Yen atau Rp 251,9 juta.

Sumber: Otosia.com

 

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.