Sukses

Volkswagen Siap Datangkan Adik Tiguan di Indonesia, T-Cross?

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Mataram Motor (GMM), sebagai agen pemegang merek (APM) Volkswagen di Indonesia, siap menghadirkan model barunya di Tanah Air tahun ini. Jenama asal Jerman ini, belum menyebutkan model pasti yang akan dibawa, hanya menyebutkan mobil anyar ini merupakan adik dari Tiguan.

"InsyaAllah, kita akan bawa model baru, adik dari VW Tiguan tahun ini (2022)," ujar Ahmad Badawi, National Sales Manager PT GMM, saat ditemui di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Lanjut Badawi, meskipun model pastinya masih enggan untuk dibocorkan, tapi pihaknya menyebutkan model ini merupakan sport utility vehicle (SUV) premium kecil, dan segmennya sendiri belum ada di kelasnya. Selain itu, tidak hanya modelnya saja yang masih dirahasiakan, tapi kapan waktu peluncurannya juga masih belum dibocorkan lebih lanjut.

"Tunggu saja, nanti pasti kita undang," tambahnya lagi.

Sementara itu, pada 2021, terdapat satu model yang sudah terdaftar di Permendagri Nomor 40 Tahun 2021. Dalam data tersebut, ada nama Volkswagen T-Cross dengan mesin 1.000 cc turbocharger TSi dengan transmisi otomatis.

Volkswagen T-Cross sendiri, berada di segmen yang dihuni oleh pemain Jepang, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Jadi, jika benar model tersebut meluncur di Indonesia, maka akan menjadi pesaing berat dari duo low SUV dari Negeri Matahari Terbit tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Volkswagen T-Cross melakukan debutnya pada 2018 lalu, Tak tanggung-tanggung, peluncurannya dilakukan di tiga negara berbeda, Belanda, Cina dan Brazil.

SUV paling kecil manufaktur itu dibangun dari basis Polo dan memadukan konsep gaya, kepraktisan, fleksibilitas, konektivitas dan ekonomi. Masuk kategori crossover urban, Volkswagen T-Cross dikatakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi harian yang cocok di perkotaan.

Bagian wajah khas bahasa desain Volkswagen, dengan lampu depan dan grille yang rata. Lampu depan dan lampu siang hari sudah LED. Garis tegas bisa ditemui pada sisi samping, salah satunya garis bahu yang mengalir dari fender roda depan hingga ke lampu belakng.

Melengkapi nilai SUV pada Volkswagen T-Cross, ada roof rail yang sarat fungsi dan mendukung estetika. Sedang di belakang, lampu LED berbentuk seperti huruf C. Lampu itu dibuat seolah menyambung rata dengan reflektor di tailgate. Ada pilihan 12 warna bodi dan pelek 16 dan 18 inci.

Ada empat pilihan mesin turbo: tiga mesin bensin dan satu diesel. Mesin 3-silinder 1.0 TSI menawarkan pilihan output 93 Tk atau 113 Tk. Sedang paling tinggi ada mesin 4-silinder 1.5 TSI dengan daya 148 Tk.

Mesin diesel melengkapi lini, dengan 4-silinder 1.6 TDI menyemburkan daya 94 Tk. Semua mesin sudah sesuai dengan standar emisi EURO 6. Seperti keluarga VW lain, ada pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis kopling ganda DSG.

Fitur keselamatannya tak tanggung-tanggung. Sebagai standar ada Front Assist area monitoring system, Pedestrian Monitoring, City Emergency Braking System, Lane Keeping Assist, Hill Start Assist, Blind Spot Detection, dan Rear Traffic Alert. Itu masih bisa ditambahkan, opsional, dengan Driver Alert System, cruise control adaptif dan Park Assist.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat