Sukses

Electric Power Socket Motor Wajib Dirawat, Begini Caranya

Smartphone atau gawai sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak heran jika pabrikan sepeda motor menyematkan electric power socket agar bisa digunakan untuk mengisi gawai.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone atau gawai sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak heran jika pabrikan sepeda motor menyematkan electric power socket agar bisa digunakan untuk mengisi gawai.

Fitur ini dapat diandalkan pengendara yang aktif sebagai sumber arus listrik dalam segala kondisi, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring.

Untuk tetap terkoneksi dengan gadget, pengendara tetap perlu melakukan perawatan yang tepat dan rutin untuk menjaga durabilitas fitur ini. Hal ini perlu diiringi dengan pengetahuan pengendara dalam merawat sepeda motor yang tepat.

Soal perawatan electric power socket pada motor, Yamaha Indonesia memberikan sejumlah tips agar peranti tersebut dalam kondisi baik.

Bebas debu dan rutin membersihkan

Pastikan electric power socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

Selalu tutup electric power socket untuk mencegah korosi karena air yang masuk saat hujan atau mencuci motor. Yamaha Gear 125 memiliki Electric Power Socket dengan penutup karet untuk menghindari air yang dapat menyebabkan korsleting listrik dan memutus sekring. Rutin membersihkannya, dengan cara disemprot menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sesuai spesifikasi

Gunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor. Misalnya pada Yamaha Gear 125, dapat menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.

Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai merubah jalur kelistrikan, normal-nya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis.(kpl/nzr)  

Sumber: Otosia.com

 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.