Sukses

Deretan Mobil Crossover Jadul yang Keren pada Masanya, Pilih Mana?

Mobil berjenis crossover memang tengah naik daun dalam beberapa waktu belakangan.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil berjenis crossover memang tengah naik daun dalam beberapa waktu belakangan. Bahkan, banyak pabrikan yang akhirnya menghadirkan kendaraan, yang masuk ke segmen sport utility vehicle (SUV) ini, baik di pasar global maupun Indonesia.

Namun, wujud crossover ini, ternyata sudah hadir sejak lama. Bahkan, ada yang menyebutkan jika mobil jenis ini sudah muncul 20 tahun lalu. Kemunculan pertama crossover, diyakini adalah merek asal Jepang, Lexus yang menghadirkan Lexus RX yang menggunakan basis Toyota Camry.

Namun dilansir Carbuzz, crossover pertama yang muncul ternyata tak lama setelah Perang Dunia II, dan yang membuatnya dari Amerika Serikat dan Rusia, dan juga Eropa. Kala itu, ternyata selama Perang Dingin, sejumlah negara tidak hanya memperlombakan kecanggihan senjata nuklir, tetapi juga ikut siapa yang paling menarik membuat kendaraan.

Di Indonesia sendiri, saat ini banyak yang menyebut beberapa model mobil bergaya crossover, seperti Suzuki SX4 S-Cross, Nissan Juke, Chevrolet Trax, Mazda CX-3, Honda HR-V, dan Toyota C-HR.

Mau tahu bagaimana wujud crossover jadul, lihat di bawah ini:

1. Matra-Simca Rancho

Matra-Simca Rancho, mobil asal Prancis ini sempat digadang-gadang sebagai pesaing dari Range Rover. Pasalnya, pada saat kelahirannya di 1977, orang di Prancis menganggap apa yang dilakukan oleh orang-orang Inggris dengan kendaraan off-roader premium layak ditiru tetapi dengan sentuhan Prancis.

Dengan banyak ruang kargo, crossover tiga pintu ini dianggap lebih funky. Simca Rancho dibenamkan mesin berkapasitas 1,4 liter empat silinder segaris, dengan daya 80 Tk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. GAZ-M72

GAZ-M72 tampang jadul memang terlihat klasik sekali. Meluncur pada 1955, mobil yang diproduksi secara massal ini dilengkapi bodi monokok dengan sistem penggerak all-wheel drive haya dibuat 4.677 unit hingga 1958.

Karena lahir di Rusia, dengan gaya yang kuat, mobil ini disebut mencomot sasis dari truk ringan ala militer GAZ-69 off-road. Mesinnya pun menghasilkan daya 55 Tk.

3 dari 6 halaman

3. Willys-Overland Jeepster

Kemenangan Amerika Serikat pada Perang Dunia II, menciptakan ledakan ekonomi termasuk dalam menggarap mobil yang diproduksi secara massal. pada 1950, setelah sukses di masa perang dengan Jeep Willys, Jeep kembali melirils Willys-Overland yang dianggap waktu paling ideal untuk memperluas formula kemenangan

Mobil ini tergolong memiliki desain yang lebih sederhana dan diperuntukan bagi konsumen di pinggiran kota. Meski sempat mendapatkan cibiran karena desain berbeda, namun ternyata Jeepster dibuat hampir 20.000 unit.

4 dari 6 halaman

4. Lada 4x4

Merek mobil Rusia yang satu ini memang masih cukup dikenal karena memang memiliki beragam model. Untuk model crossover, ternyata Lada 4x4 sempat disebut Niva yang sebelumnya dikembangkan oleh AvtoVAZ. 

Bergaya off-road sejak 1977, mobil ini ternyata diekspor ke sejumlah negara seperti Islandia, Austria, Uruguay, dan Inggris.

Saat ini, Lada 4x4 dianggap sebagai leluhur dari semua crossover AWD ringkas saat ini.

5 dari 6 halaman

5. Jeep Wagoneer

Jeep Wagoneer sejatinya sudah ada sejak 1963 dan dianggap sebagai kendaraan berbasis 4x4 mewah pertama. Meskipun kemudian berubah menjadi SUV yang lengkap, namun Wagoneer pada awal kemunculannya benar-benar memiliki tampilan crossover.

Mobil ini awalnya hadir dalam versi dua dan empat pintu, serta memiliki desain gerobak. Kebanyakan orang Amerika melihatnya sebagai truk.

Namun, Kaiser, yang memiliki Jeep pada saat itu, memahami dengan benar penduduk pinggiran di kota Amerika tidak menginginkan kendaraan truk, sehingga Wagoneer menerima suspensi depan independen sehingga tampil seperti mobil pada umumnya.

Mobil yang dilengkapi mesin V8 terpaksa harus disetop produksinya pada 1991.

6 dari 6 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.