Sukses

Menhub Budi Karya Dukung Penuh Motor Listrik Karya UBL hingga Tahap Produksi

Kemenhub mendukung penuh motor listrik buatan Universitas Budi Luhur.

Liputan6.com, Jakarta- Keberadaan motor listrik kini semakin berkembang pesat. Tidak hanya berasal dari pabrikan otomotif besar, tapi juga yang dihasilkan dari kalangan civitas akademika, seperti karya dari Universitas Budi Luhur (UBL), yaitu Cargo Electric Vehicle 01 (CEVO1) dan Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEVO1).

Bahkan, Kementerian Perhungan Republik Indonesia (RI) mendukung penuh roda dua ramah lingkungan ini, dengan mengundang langsung mengikuti pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 di Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa tengah.

"Mendukung motor listrik karya mahasiswa dan produk nasional sampai tahap produksi. Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 sebagai bentuk dukungan untuk karya dan produk kendaraan listrik di Indonesia,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (7/11/2021).

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Study Kendaraan Motor Listrik UBL, undangan Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 dimanfaatkan baik dengan membawa dua motor listrik untuk mengenalkan karya mahasiswa kepada masyarakat, khususnya di Jawa Tengah.

"Kami juga memberikan pengetahun motor listrik kepada pengunjung yang telah teruji jalan jauh seperti motor listrik BL-SEV01 yang sukses touring Jakarta – Mandalika sejauh 1.340 km," ungkap pria kelahiran Solo ini.

Puncak acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021, peserta pameran akan konvoi keliling kawasan Candi Borobudur dengan produk kendaraan listrik andalannya masing-masing. Selain Universitas Budi Luhur dengan membawa motor listrik terdapat juga Universitas Gajah Mada (UGM), Nissan, Gesit, Astra Honda Motor, Selis, Swap Energy Indonesia, Unitep Bike, Polygon, Viar, dan lain-lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi BL-SEV01

Sebagai informasi, spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, dengan didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam.

Saat Touring Jakarta – Mandalika motor listrik BL-SEV01 membawa 3 set baterai yang masing–masing mampu menempuh jarak sekitar 100 sampai 140 km saat terisi penuh. Jadi, ketika baterai habis tim BL-SEV01 langsung mengganti dengan sistem swab.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.