Sukses

Federal Oil Ungkap Manfaat Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Liputan6.com, Jakarta - Pelumas atau oli memiliki peran penting untuk mendukung kinerja mesin. Seperti diketahui, oli berfungsi untuk melumasi dan melindungi komponen mesin serta meminimalkan gesekan.

Oleh karena itu, penggantian oli mesin harus dilakukan secara rutin. Menurut Nurudin, Technical Trainer PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, ada lima manfaat yang didapat dari mengganti oli mesin secara rutin.

"Pertama, suhu mesin dapat terjaga dengan mengganti oli tepat waktu," terang Nurudin saat acara Ngrobrol Virtual Santai Forwot Bersama Federal Oil via Zoom Meeting, Rabu (13/10/2021).

Manfaat kedua adalah komponen mesin menjadi lebih awet. Adanya pelumas baru membuat komponen mesin lebih terlindungi.

"Berkaitan dengan keawetan komponen mesin, Federal Oil memiliki teknologi yang namanya wear protection technology yang fungsinya mengurangi gesekan. Dengan gesekan yang berkurang tentu membuat komponen mesin jadi lebih awet," jelas Nurudin.

Kemudian, manfaat lainnya ialah menghemat bahan bakar. Pada produk Federal Oil sendiri terdapat Advance Active Moly yang berfungsi menjaga komponen mesin dari gesekan sehingga membuat bahan bakar jadi lebih hemat.

"Jika gesekan rendah otomatis kinerja mesin akan menjadi ringan, pemakaian bahan bakar pun menjadi lebih hemat," ujar Nurudin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hemat Biaya

Manfaat keempat dari mengganti oli secara rutin ialah performa mesin terjaga. Teknologi Visco Elastic Molecules yang dimiliki pelumas Federal Oil berfungsi untuk meningkatkan kinerja dan akselerasi mekanikal, sehingga tarikan menjadi ringan.

Terakhir atau manfaat kelima adalah biaya perawatan menjadi lebih ringan. "Dengan benefit di awal tadi, seperti komponen yang awet dan bahan bakar yang hemat membuat biaya perawatan otomatis akan lebih ringan," kata Nurudin.

Lalu idealnya, penggantian oli berapa lama? "Kami berpatokan adalah mengikuti kilometer atau bulan, mana yang dicapai lebih dulu. Jadi kami merekomendasikan untuk mengganti oli itu di kilometer 2.000 atau dua bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu," tutup Nurudin.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19