Sukses

Fitur Canggih pada Motor yang Bikin Anti-Waswas Saat Berkendara

Keamanan berkendara tidak hanya meliputi kesiapan fisik pengemudi, namun juga menyangkut performa dan fitur keamanan yang ada di sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sepanjang 2015 hingga 2020 ada sebanyak 528.058 kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Dari data tersebut, sebagian besarnya merupakan kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor. 

Kurangnya pemahaman terkait faktor keamanan berkendara, dinilai menjadi salah satu penyebabnya. Keamanan berkendara sendiri tidak hanya meliputi kesiapan fisik pengemudi, namun juga menyangkut performa dan fitur keamanan yang ada di sepeda motor seperti sistem pengereman.

Karenanya, fitur yang mendukung keselamatan berkendara di sepeda motor dinilai sangat dibutuhkan, seperti fitur ABS (Anti-lock Brake System) yang berfungsi mengurangi potensi ban terkunci saat pengendara melakukan rem secara mendadak. Bagi konsumen, kelengkapan fitur berkendara ini telah menjadi suatu kebutuhan dalam menggunakan sepeda motor. 

Dan hal itu bisa didapatkan di generasi terbaru NMAX yang kini telah disematkan dual channel ABS (Anti-lock Brake System). Sensor ABS pada All New NMAX 155 Connected/ABS berada di roda depan dan belakang. Berbeda dengan sepeda motor single channel ABS yang hanya bekerja di roda depan, sensor ABS pada All New NMAX 155 Connected/ABS bekerja di kedua rodanya sehingga membuat berkendara menjadi lebih safety.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Dual ABS

Ada tiga komponen yang terintegrasi untuk membuat ABS di All New NMAX 155 Connected/ABS bekerja, yakni sensor kecepatan, hidrolik, dan control unit.

ABS bekerja saat kecepatan All New NMAX 155 Connected/ABS mencapai lebih dari 10 kilometer per jam (kpj) dan pengendara melakukan rem mendadak. Kerja ABS diatur oleh hydraulic dan control unit, jadi meski tuas rem ditekan secara penuh, dua komponen itu yang mengatur tekanan yang diberikan minyak rem, sehingga mencegah roda terkunci.

Bila roda terkunci, motor akan sulit dikendalikan dan bahkan bisa kehilangan kendali. Kehadiran ABS, memastikan pengendara tetap dapat mengendalikan motor saat pengereman mendadak dilakukan.

Menurut Aji Handoko, Manager Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yamaha ABS memiliki control unit yang bekerja secara independen pada rem depan dan belakang. "Saat melakukan pengereman mendadak dan roda terkunci, kontrol hidrolis dilakukan oleh sistem hidrolis pada rem depan dan belakang secara independen," kata dia saat dihubungi Liputan6.com.

 

3 dari 3 halaman

Cara Merawat ABS

Aji menjelaskan, pada dasarnya fitur ABS di All New NMAX 155 Connected/ABS tidak memerlukan perawatan khusus. Hanya saja ia memberikan beberapa tips agar fitur ABS di All New NMAX 155 Connected/ABS dapat bekerja maksimal dan lebih awet.

"Pertama harus dijaga kebersihannya di bagian speed sensor, rotor, caliper, master rem, tuas rem. Kedua, rutin disemprot cairan anti karat bagian pin-pinnya dan juga bautnya, atau bisa juga pakai grease berbahan silikon biar selalu lancar gerakannya, terutama saat musim hujan akibat air hujan banyak mengandung zat asam dan kotoran di jalan," ungkap dia.

Ketiga, sambung Aji, setiap 24.000 kilometer atau 2 tahun, minyak rem diganti dengan yang baru dari botol yang masih disegel dan minyak remnya sesuai standar yang direkomendasikan pabrikan. "Pastikan saat melakukan penggantian minyak rem, tidak ada material luar (pasir, debu, air) yang masuk ke tabung minyak rem. Sebaiknya lakukan penggantian minyak rem di Bengkel Resmi Yamaha karena setelah penggantian minyak rem wajib dilakukan proses kalibrasi ABS menggunakan YDT (Yamaha Diagnostic Tools)," Aji memungkasi.

Selain itu, cek kondisi kanvas rem untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang mungkin menempel di permukaan kanvas. Jika kanvas rem sudah mulai aus, yang biasanya ditandai dengan permukaan yang menipis (garis tanda batas hilang tergerus), fungsi rem menjadi tidak maksimal, maka kanvas rem tersebut sebaiknya harus segera diganti.

Lalu perhatikan kondisi selang rem. Karena berbagai sebab, masalah pada selang rem bisa saja terjadi, seperti retak, bocor, hingga tertekuk, adalah beberapa contoh kemungkinan yang dapat terjadi. Jika pengendara tidak merawatnya dengan baik, akan berimbas kepada sistem pengereman yang tidak maksimal.

Juga rajin membersihkan kaliper dan cakram rem. Jangan lupa cek juga proses pemasangannya dan pastikan komponen tersebut dalam kondisi rigid dan tidak kendor. 

Serta perhatikan indikator ABS. Pada beberapa motor seperti All New NMAX 155 Connected ABS, terdapat lampu indikator ABS di bagian speedometer. Fungsi dari kehadirannya adalah untuk memberikan notifikasi kepada pengendara, terkait kondisi peranti ABS yang tertanam pada motor. 

Jika lampu indikator tersebut menyala selama motor dikendarai, artinya telah terjadi malfungsi pada sistem pengereman ABS. Dalam kondisi ini, pemilik kendaraan sangat disarankan untuk segera membawa motor ke dealer resmi Yamaha terdekat guna dilakukan pengecekan lebih lanjut. Untuk mempermudah proses pencarian lokasi dealer terdekat, konsumen dapat juga memanfaatkan aplikasi My Yamaha Motor.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini