Sukses

Jok yang Dilengkapi Airbag Tak Boleh Asal Ganti Pelapis, Ini Alasannya

Salah satu modifikasi ringan untuk meningkatkan tampilan interior adalah dengan mengganti pelapis jok.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu modifikasi ringan untuk meningkatkan tampilan interior mobil adalah dengan mengganti pelapis jok. 

Namun pengaplikasian bahan jok yang tidak sesuai standar pabrikan rupanya berpotensi memicu petaka. Apalagi bila jok sudah memiliki fitur airbag.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia dalam akun Instagram-nya @hyundaiid. Menurut mereka kesalahan kecil bisa berakibat fatal bila tidak benar-benar memahami jok mobil yang ingin dipermak.

Perlu diketahui dulu bahwa lokasi airbag berada di beragam mulai di depan, samping hingga jok penumpang.

Nah, untuk airbag yang dipasang pada jok berfungsi untuk menahan tabrakan dari samping.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek Buruk

Oleh karena itu, Hyundai menyarankan sebaiknya kenali dulu jok mobil dan fitur-fitur yang ada di situ. Ketika ingin mengganti bahannya, ikuti pola asli kulit jok agar fungsi airbag tetap optimal.

Bila jahitan kurang presisi atau ada potongan yang salah, airbag bisa saja gagal mengembang dan menanggulangi kecelakaan.

Agar hal buruk tidak terjadi, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan service advisor bengkel resmi, seperti yang sudah dimiliki Hyundai.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini