Sukses

Siap Amankan PON XX Papua, Polri Kirim Puluhan Kendaraan

Guna menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Polri mengirim puluhan kendaraan untuk keperluan pengamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) turut bersiap menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang rencananya berlangsung pada Oktober 2021. Guna menyukseskan pesta olahraga tersebut, Polri mengirim puluhan kendaraan untuk keperluan pengamanan.

Diketahui dari postingan akun Instagram @divisihumaspolri pada Selasa (24/8/2021), Polri telah mengirimkan 51 unit motor dan mobil untuk mendukung PON Papua. Diharapkan kendaraan-kendaraan tersebut dapat menunjang event olahraga itu.

Sementara itu, ternyata pada 2020 lalu Polri telah mengirimkan 30 unit sepeda motor untuk event ini. Alhasil, jika ditotal Polri telah mengirimkan 81 kendaraan ke PON XX Papua.

"Sebelumnya pada 2020 kami sudah berangkatkan sebanyak 30 unit kendaraan roda dua. Sehingga total yang kami kirim ada sebanyak 81 unit kendaraan. Mudah-mudahan pengiriman ini yang berlangsung delapan hari untuk sampai ke Papua, bisa segera dioperasionalkan. Dan semoga event disana berjalan aman dan lancar," jelas Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Istiono, M.H., di lapangan NTMC Polri, Jakarta, Selasa (24/8).

Dukungan untuk PON Papua juga datang dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan mengirimkan 428 unit bus. Dilansir dari Merdeka.com, ratusan bus tersebut dikirim ke tanah Papua dengan menggunakan kapal melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Keberangkatan bus-bus tersebut dilepas oleh Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi melalui kapal KM Dharma Kencana VII dari Pelabuhan Tanjung Priok, yang membawa sebanyak 316 bus dengan tujuan Pelabuhan Jayapura dan direncanakan akan tiba pada awal September 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bus Dikirim Lebih Dulu

Sebelumnya, pada Sabtu (21/8) lalu, sudah diberangkatkan sebanyak 112 bus dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju ke Timika dan Merauke, menggunakan kapal KM Dharma Rucitra I, yang akan tiba di Timika pada Sabtu (28/8), dan tiba di Merauke pada Selasa (31/8).

"Bus-bus ini akan mendukung pergerakan transportasi para atlet dan tim official di tiga tempat yaitu di Jayapura, Timika, dan Merauke," kata Budi Karya dikutip dari Antara, Rabu (25/8).

Budi Karya menjelaskan, selain mengirim bus, Kemenhub juga menyediakan sebanyak 515 awak bus. Sebanyak 261 dari 515 orang tersebut merupakan pengemudi yang direkrut dari penduduk Provinsi Papua sebagai wujud pemberdayaan masyarakat asli Provinsi Papua.

Selain untuk mendukung pelaksanaan PON, Bus dan awak bus yang disediakan Kemenhub juga akan digunakan untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua, yang diselenggarakan sesudah PON.

Nantinya sebanyak 160 unit bus akan dilakukan modifikasi ramp on/off dengan kemiringan yang disesuaikan. Sehingga bisa memudahkan para atlet Peparnas yang memakai kursi roda.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.