Sukses

Jual 5,47 Juta Unit, Toyota Masih Jadi Produsen Mobil Terlaris di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corp masih menjadi produsen mobil terlaris di dunia, dengan rekor penjualan 5,47 juta unit dalam enam bulan pertama 2021. Jumlah ini, melampaui saingan terberatnya, Volkswagen AG.

Berdasarkan data resmi yang dirilis Toyota, pencapaian ini sudah dua tahun berturut-turut. Selain itu, produsen asal Jepang ini juga mendapatkan pemulihan yang cukup signifikan dari dampak awal pandemi virus Corona, meskipun saat ini kasus kelangkaan chip semikonduktor masih menghantui berbagai pabrikan roda empat di dunia.

Rekor penjualan Toyota sebelumnya pada periode semester pertama, diraih pada 2019 dengan sekitar 5,31 juta unit kendaraan terjual secara global. Toyota sendiri memiliki pasar penjualan yang cukup kuat di Amerika Serikat dan Cina.

Pada periode Januari-Juni 2021, Toyota menjual 5.467.218 unit kendaraan secara global, atau naik 31,3 persen dari tahun sebelumnya. Angka tersebut termasuk yang dijual oleh anak perusahaan, Daihatsu dan Hino.

Sementara itu, pesaing terdekat Toyota, yaitu Volkswagen menjual 4.978.200 kendaraan pada periode yang sama, dan mengalami kenaikan sebesar 27,9 persen dari tahun sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Pasar terbesar

Dalam enam bulan tahun ini, permintaan yang kuat untuk model-model baru di Amerika Utara dan China mengangkat penjualan Toyota ke rekor 4,3 juta unit kendaraan atau melonjak 36,5 persen.

Di Jepang, model seperti Harrier dan Yaris mendapatkan peningkatan penjualan sebesar 15,0 persen menjadi 1,17 juta kendaraan, termasuk mobil mini dengan mesin hingga 660 cc, kata Toyota.

Sepanjang 2020, Toyota merebut kembali mahkotanya sebagai produsen mobil terlaris dari Volkswagen untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia