Sukses

Mengenal Sosok Dongfeng Warrior M50, Sang Humvee dari Cina

Truk militer Humvee (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle) yang asli dikembangkan oleh AM General dan diperkenalkan pada 1984, sedangkan versi sipil diproduksi antara 1992 hingga 2006 dengan total produksi 11.818 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Truk militer Humvee (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle) yang asli dikembangkan oleh AM General dan diperkenalkan pada 1984, sedangkan versi sipil diproduksi antara 1992 hingga 2006 dengan total produksi 11.818 unit.

Sudah belasan tahun berlalu, kini mobil yang terinspirasi Humvee memasuki jalur produksi di Cina. Mobil tersebut adalah Dongfeng Warrior M50, versi produksi dari truk militer Dongfeng Mengshi EQ2050.

Dilansir Carscoops, semua berawal dari tahun 90-an, di mana Dongfeng melakukan reverse-engineered terhadap Humvee untuk kendaraan militer Cina. Dongfeng bekerja sama dengan AM General untuk menyuplai suku cadang Humvee versi Dongfeng.

Setelah itu, pada tahun 2021 Dongfeng mengumumkan model baru Warrior M50. Humvee Cina ini mengadopsi body-on-frame dengan ban all-terrain berukuran besar serta desain menyerupai Humvee.

Bagian grille didesain ulang dengan logo Dongfeng, serta bagian lampu dibuat membulat. Warrior M50 tersedia dalam pilihan sasis saja atau pikap untuk saat ini.

Memasuki bagian kabin, terlihat dashboard berukuran lebar seperti yang umum ditemukan dalam sebuah Humvee. Namun, versi Warrior M50 dilengkapi layar infotainment layar sentuh berukuran 8 inci. Trim berwarna perak pada instrumen cluster, ventilasi AC bulat, dan lingkar kemudi empat palang membuatnya terlihat modern.

Meskipun dilengkapi interior modern, rasa berkendara SUV ini jauh dari kata nyaman dan dinamis. Hal ini bisa terjadi karena bobot yang ektra berat dan karakter platform body-on-frame. 

Mobil ini mengadopsi mesin turbodiesel Cummings 4.0-liter yang menghasilkan tenaga 200 Tk dengan torsi puncak 600 Nm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke empat roda melalui transmisi manual 6-percepatan serta beragam fitur yang akan mendukung menaklukkan berbagai medan. Dongfeng Warrior M50 bisa dipesan dengan harga US$103.529 atau nyaris Rp 1,5 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 11 Aplikasi untuk Konsultasi Online dan Obat Gratis Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini