Sukses

Berkamuflase, SUV Hyundai Tertangkap Kamera Melintasi Tol Cipali

Liputan6.com, Jakarta - Calon mobil terbaru Hyundai tertangkap kamera tengah uji jalan di Tol Trans Jawa. Mobil bergenre SUV itu disebut-sebut bakal menjadi model pertama yang dirakit di pabrik Hyundai di Indonesia.

Pembaca Merdeka.com memergoki mobil berkode 'SU2ID' tersebut di ruas jalan tol Cipali, Selasa (22/6/2021) pagi dan membagikannya pada redaksi.

Makmur, Managing Director PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), yang dihubungi via aplikasi percakapan tidak berkomentar banyak.

"Boleh lihat foto-fotonya dulu," katanya singkat.

Saat ini pembangunan pabrik baru Hyundai Indonesia diperkirakan mencapai 90 persen.

Dibangun di lahan seluas 77,6 hektare, pabrik ini akan dioperasikan oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dengan dilengkapi fasilitas penelitan dan pengembangan (R&D Center).

Menurut laman resmi Hyundai Indonesia, merek otomotif asal Korea ini menginvestasikan dana US$ 1,55 miliar atau setara Rp 22 triliun untuk membangun pusat manufaktur pertama di Asia Tenggara (ASEAN) tepatnya di Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Rencananya pabrik tersebut memulai produksi komersial pada paruh kedua 2021 dengan kapasitas produksi 150.000 unit per tahun di tahap awal dengan jumlah pekerja 5.000 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Pertama Rakitan Pabrik Hyundai di Indonesia

Menurut sumber Merdeka.com, mobil SUV yang bakal menjadi mobil pertama hasil pabrik di Indonesia itu memang sedang menjalani tes jalan. Kemungkinan besar akan diluncurkan pada Desember 2021 atau awal 2022.

"Model ini menggunakan kode SU2ID, artinya'SUV to Indonesia' karena belum ada nama Indonesia untuk mobil ini," ujar sumber yang mengaku sudah melihat langsung desain eksterior SU2ID tersebut.

Menurutnya, mobil SU2ID sepertinya menggunakan platform Hyundai Creta, tapi dengan konsep desain seperti Hyundai Tucson terbaru. Untuk kapasitas penumpang belum ditentukan apakah 5 penumpang, 7 penumpang, atau keduanya.

Yang pasti segmen mobil ini adalah Compact SUV atau crossover yang menjadi kompetitor baru bagi model Honda HR-V.

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.