Sukses

5 Tips Mencegah Sakit Pinggang Akibat Menyetir Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Sakit pinggang bisa menyerang siapa saja, tidak hanya pengguna sepeda motor, pengemudi mobil juga bisa merasakan gejala sakit pinggang.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Citroen UK dan British Chiropractic Association (BCA), 5,5 juta pengemudi di UK dapat mengalami sakit pinggang dan leher karena terlalu lama mengemudi.

Penyebab utamanya adalah duduk terlalu lama dengan posisi berkendara yang tidak nyaman. Hal tersebut dapat memengaruhi tubuh melalui berbagai cara, misalkan menyebabkan ketegangan pada otot hingga menyumbat pembuluh darah.

Berikut adalah 5 langkah mengatur jok yang ideal dari Citroen UK dan BCA:

1. Atur jok dan spion sebelum perjalanan

Bagian belakang kursi seharusnya sedikit bersender, agar duduk terasa natural. Spion diatur agar dapat melihat sekeliling mobil tanpa perlu menggerakkan kepala berlebihan. Ini dapat mengurangi kelelahan pada leher.

2. Duduk nyaman

Keuntungan dari jok yang memiliki banyak pengaturan adalah mudah  mendapatkan posisi nyaman. Dengan mengatur lumbar pada jok, pinggang Anda dapat bersender dengan nyaman. Hal ini mengurangi risiko sakit pinggang secara signifikan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Atur posisi lingkar kemudi

Setelah duduk, tangan Anda seharusnya memegang lingkar kemudi secara natural. Posisi siku seharusnya menekuk sedikit.

4. Atur posisi kursi agar dapat mengoperasikan pedal dengan baik

Jarak kursi seharusnya diatur agar kaki berada di pedal secara natural. Menggunakan sepatu dengan sol empuk sangat dianjurkan untuk berkendara. Menggunakan high heels atau sol tebal akan membatasi pergerakan kaki. Selain kaki terasa tegang, respon dalam keadaan darurat akan berkurang.

5. Beristirahat secara berkala

Tubuh manusia tidak dirancang untuk duduk dalam waktu yang lama, sehingga disarankan untuk beristirahat setelah berkendara cukup lama untuk menghindari sakit pinggang dan leher.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada Klaster Baru Covid-19 Bermunculan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.