Sukses

Baru Tersedia 5-Seater, Toyota Siapkan Raize 7-Seater?

Liputan6.com, Jakarta - Pasar sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang memang tengah berkembang pesat di Indonesia. Namun, untuk segmen lima penumpang sendiri, juga tidak kalah menarik, karena Toyota dan Daihatsu baru saja meresmikan model kembar terbarunya, Raize dan Rocky.

Lalu, dengan melihat kondisi pasar yang ada, apakah Toyota akan menambah line-up Raize tujuh penumpang di Indonesia?

"Untuk tujuh penumpang belum bisa komentar, kami akan lihat perkembangannya seperti apa," jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), belum lama ini.

Sementara itu, terkait Toyota Raize yang baru diluncurkan setelah kebijakan diskon PPnBM telah berjalan sebulan lebih, pihak Toyota menjelaskan ada serangkaian persiapan untuk meluncurkan satu model baru.

"Ada serangkaian persiapan, dan April ini bertepatan dengan Toyota Indonesia 50 tahun. Saat merencanakan, kita tidak tahu akan ada PPnBM," tegasnya.

Toyota Raize sendiri hadir dalam enam varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T. Harganya, mulai dibanderol Rp 219,9 juta sampai Rp 265,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi

Khusus bagi market Indonesia, Toyota menyediakan Raize dalam dua jenis mesin. Yang pertama, mengusung enjin terbaru, WA-VE Dual VVT-I tiga silinder 1.200 cc. Ini barang anyar, yang tidak pernah digunakan di lini produk Toyota mapun Daihatsu.

Tak sama dengan 3NR-FE seperti di Calya atau Sigra. Meski data spesifikasinya mirip-mirip. Embusan tenaga mencapai 88 PS pada dan torsi puncak 113 Nm. Tersedia pilihan penyaluran daya tipe CVT atau manual 5-speed. Saat ini unit belum tersedia.

Untuk saat ini, Toyota hanya menampilkan opsi 1KR-VET berkonfigurasi 1,0 liter turbo 3 silinder segaris. Unit pacu menenggak bensin dengan sistem penyemprotan injeksi ke ruang bakar, memberi tenaga 98 PS pada 6.000 rpm.

Kemudian momen puntir maksimal 140 Nm. Torsi tersedia mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Transmisi pakai opsi CVT atau manual lima percepatan.

Fitur standar di seluruh varian terbilang mumpuni. Jumlah bantalan udara tersedia dua hingga enam titik. Semua Raize di Indonesia mengantongi sistem pengereman ABS, EBD dan Vehicle Stability Control.

Tak ketinggalan tersisip Hill Start Assist, rear camera, sensor parkir, seatbelt warning bagi semua penumpang dan alarm with immobilizer. Penyejuk kabin pun sudah mengadopsi AC, serta Smart Entry with Push Start Button.

Lalu di trim termahal, GR Sport TSS (Toyota Safety Sense). Raize memiliki kelengkapan perangkat standar. Namun ditambah enam titik airbags, Pre-collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist. Lanjut Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, juga Blind Spot Monitoring.

3 dari 4 halaman

Infografis Larangan Mudik Lebaran 2021 dan Siasat Warga

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: