Sukses

Sambil Tunggu Buka Puasa, Begini Cara Bikin Efek Daun Talas di Kaca Mobil

Untuk penglihatan yang lebih jelas, ada baiknya kaca mobil menggunakan cairan rain repellent agar tidak terkendala ketika hujan

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah musim penghujan, efek air yang jatuh di kaca mobil sering kali tidak langsung turun. Kadang, air tersebut justru lambat turun sehingga menghalangi pandangan mata saat mengemudi.

Agar mengemudi menjadi lebih nyaman, ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan di rumah selagi waktu senggang atau sambil menunggu waktu berbuka puasa. Adapun barang-barang yang harus dipersiapkan adalah cairan rain repellent serta kain microfiber untuk mengusap permukaan kaca. Penggunaan microfiber begitu disarankan karena tidak menimbulkan goresan halus pada kaca atau bodi mobil.

"Ya cairan itu memberikan efek seperti air di daun talas. Jadi begitu kena air, maka kaca mobil langsung clear dan tidak ada air yang menempel. Untuk musim hujan kaya gini, bisa aja dipakai di kaca mobil supaya penglihatan lebih jelas lagi saat hujan turun," jelas Rusdiansyah, detailer dari Polishgang Jakarta Timur.

Sebelum menggunakan rain repellent ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci mobil sampai bersih. Langkah ini untuk meminimalisir adanya kotoran yang menempel di bagian permukaan kaca mobil yang akan diberikan lapisan efek daun talas.

Setelah mobil dicuci bersih, langkah selanjutnya adalah menyiapkan cairan rain repellent serta lap microfiber yang masih layak pakai.

Dalam penggunaan cairan rain repellent, Anda tidak perlu membutuhkan keahlian khusus. Anda hanya perlu mempersiapkan tenaga yang ekstra karena akan melakukan gerakan berulang kali memoles kaca mobil agar hasilnya lebih maksimal.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Rain Repellent

Untuk penggunaan rain repellent yang cair (bukan spray), jangan langsung tuangkan cairan tersebut ke kaca mobil. Penggunaan yang langsung dituangkan ke kaca mobil biasanya memiliki hasil yang tidak merata.

Alangkah baiknya tuangkan dulu rain repellent ini ke kain microfiber agar saat dioleskan hasilnya lebih merata dan maksimal. Namun jika menggunakan cairan rain repellent yang spray, Anda bisa langsung menyemprotkan ke kaca langsung dan kemudian segera dipoles menggunakan lap microfiber.

Agar hasil yang lebih maksimal, hal ini bisa Anda lakukan dengan berkala. Setidaknya, dua atau tiga bulan bisa dilakukan agar penglihatan menjadi lebih jelas ketika curah hujan sedang tinggi.

3 dari 3 halaman

Infografis Cuaca Ekstrem Ancam 17 Wilayah Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.