Sukses

Susul Malaysia, Toyota Avanza Juga Bakal Direcall di Indonesia karena Fuel Pump

Liputan6.com, Jakarta - Program recall atau penarikan kembali untuk diperbaiki akan dilakukan oleh salah satu raksasa otomotif Tanah Air, PT Toyota Astra Motor (TAM). Kampanye ini, akan melibatkan salah satu model jagoan mereka, Toyota Avanza, karena masalah fuel pump atau pompa bahan bakar.

Kepastian recall ini, telah dikonfirmasi oleh Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

"Ya, kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk ya, detailnya masih kami pelajari," ujar Anton saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan elektroniknya, Senin (8/3/2021).

Sementara itu, pihak TAM sendiri masih belum bisa memberikan detail terkait recall tersebut, termasuk jumlah unit yang terdampak ataupun detail model apa saja yang bakal dilakukan penarikan kembali.

"Saat ini kita sedang koordinasikan baik ke manufakturing dan juga pihak terkait seperti dealer dan prinsipal untuk tahu model apa saja yang teribdikasi, berapa banyak di Indonesia, rata-rata ada di mana, kesiapan part-nya dan lain lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program," tambahnya.

2 dari 4 halaman

Recall Avanza di Malaysia

Sebelumnya, recall Avanza ini sudah dilakukan Toyota Motor UMW di Malaysia. Sebanyak 3.923 unit mobil keluarga bawah ini terimbas kampanye tersebut.

Fuel pump atau pompa bahan bakar Toyota Avanza diketahui bermasalah. Kerusakan itu memungkinkan mesin mobil mati, kemungkinan terburuknya mati saat dipakai.

Recall kali ini disebut merupakan kelanjutan dari penarikan kembali fuel pump sebelumnya, yang melibatkan 5,84 juta kendaraan di seluruh dunia.

Toyota Motor UMW menyebut penarikan kembali kali ini berimbas pada model Toyota Avanza yang diproduksi mulai Oktober 2017 hingga Juni 2019.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: