Sukses

Cegah Kerugian Besar, Ini Cara Amankan Mobil yang Terendam Banjir

Liputan6.com, Jakarta Bencana banjir yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia telah memberikan dampak besar bagi masyarakat. Mulai dari mengancam nyawa dan kesehatan hingga mengakibatkan kerugian materi. Akibat dari banjir yang besar, banyak kendaraan seperti mobil dan motor terendam, bahkan sampai ada yang terbawa arus banjir.

Bila sadar bahwa rumah atau lingkungan tempat tinggal Anda rawan banjir dan mengancam mobil, segera lakukan tindakan keamanan berikut ini agar kerugiaan yang dialami tidak menjadi besar.

1. Lepaskan kabel aki dari mobil

Kabel aki memiliki hubungan erat dengan komponen listrik dan elektronik yang ada di mobil. Melepas kabel aki untuk menghindari terjadinya korsleting dan kerusakan parah.

 

2. Keringkan komponen pengapian

Komponen pengapian seperti busi, karburator, alternator, saringan udara, koil, kabel-kabel cukup rawan rusak apabila terkena banjir. Oleh karena itu, keringkan dahulu komponen tersebut dengan baik. Kamu bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya.

3. Periksa bagian Interior

 

Bukan hanya bagian mesin saja yang perlu diperhatikan, interior mobil juga perlu kembali diperbaiki. Anda perlu melakukan pemeriksaan mulai dari bagian karpet, kursi, pintu, kendali, dan bagian-bagian lainnya. Pastikan tidak ada lumpur yang tersisa.

4. Keringkan panel dan lampu

Lampu merupakan bagian dari mobil yang memiliki arus listrik di dalamnya. Setelah banjir, periksa dan keringkan bagian lampu dari air.

5. Mengganti Oli

Mesin mobil sudah dirancang kedap air dan terlindungi dari panas. Namun, jika mobil benar-benar sampai terendam air dalam waktu yang lama bisa menyebabkan masalah. Untuk menghindari itu, setelah banjir cek mobil Anda apakah ada air yang masuk dan bercampur dengan pelumas. Penggantian oli mesin dan oli gardan untuk mengurangi risiko kerusakan lainnya.

6. Menguras Bensin

 

Air yang masuk ke tangki dapat bercampur dengan bensin sehingga berpotensi menyebabkan karat pada tangki bensin. Selain mengganggu sistem pengapian, hal itu dapat membuat tangki bensin menjadi keropos dan mudah bocor dalam jangka panjang.

7. Panggil Jasa Towing

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan komponen-komponen mobil, Anda bisa memanggil mekanik atau montir profesional ke rumah. Namun, jika dampak banjir terhadap mobil cukup besar, Anda sebaiknya membawa mobil ke bengkel dengan jasa towing.

Untuk hindari kerusakan dan kerugian yang lebih besar memerlukan penanganan yang baik dan dari ahlinya. Kerusakan mobil karena bencana alam sebenarnya bisa ditanggung oleh asuransi, tetapi pemilik polis standar harus memastikan kalau asuransi yang dimiliki  mempunyai perluasan jaminan. Ketelitian dalam memilih polis asuransi sangat diperlukan supaya kendaraan aman terlindungi dalam berbagai situasi bencana.

 

Mengingat besarnya risiko kerugian kendaraan yang diakibatkan oleh bencana alam baik itu banjir, gempa bumi, angin puting beliung dan lain-lainnya. Ada baiknya, Anda melengkapi perlindungan untuk mobil kesayangan Anda dengan proteksi asuransi mobil. Pastikan asuransi sudah mendapatkan perluasan jaminan bencana alam.

Pilih asuransi mobil terpercaya yang kini memiliki tagline "Beli Online & Klaim Mudah". Asuransi ini menawarkan layanan antar jemput ke bengkel, home survey claim, pembelian dan klaim secara online, serta bantuan dan call center 24 jam. 

Asuransi mobil menjadi salah satu cara untuk melindungi mobil Anda dari berbagai macam risiko di waktu yang tidak terduga. Mulai dari tabrakan, perbuatan jahat, pencurian mobil, kebakaran mobil, kehilangan mobil, kecelakaan diri, kebakaran rumah hingga dampak bencana alam.

 

(*)