Sukses

Sering Terlupakan, Begini Cara Mudah Merawat Pelapis Jok Motor

Perawatan yang dilakukan jangan hanya sebatas pada sektor mesin, sistem pengereman, dan bagian bodi saja, kondisi jok juga perlu dijaga.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perawatan sudah sepatutnya dilakukan pemilik motor. Perawatan yang dilakukan jangan hanya sebatas pada sektor mesin, sistem pengereman, dan bagian bodi saja, kondisi jok juga perlu dijaga. 

Meskipun terlihat sepele, jok motor sebenarnya perlu perawatan terlebih jika sering kehujanan seperti saat ini. 

Dikutip dari Federal Oil, busa jok motor pada umumnya dilapisi oleh kulit dengan berbagai bahan. Tapi, pada umumnya, jok menggunakan pelapis kulit sintesis.

Pelapis kulit sintetis ini memang tidak bisa bertahan lama seperti bahan kulit sapi atau domba. Dengan ketahanan yang singkat itu membuat pemilik harus rutin merawat pelapis jok motor supaya awet.

Perawatan jok motor sangat mudah. Kamu bisa menggunakan losion khusus kulit jok motor. Saat ini, sudah banyak lotion khusus jok motor yang dijual di pasar.

Cukup rutin mengoleskan setiap satu dua bulan sekali. Lotion khusus jok motor ini diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Ketika sudah kering, jok motor akan pecah-pecah.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa Mesti Lotion?

Pemakaian lotion dilakukan supaya kulit tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah. Kamu harus tahu bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan-nya di dalamnya tidak kering.

Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis.

Selain harus menggunakan lotion khusus, Anda juga harus menggunakan penutup jok motor ketika diparkir di tempat yang terbuka.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Infografis 17 Kondisi Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.