Sukses

Alasan Mobil Kepresidenan Joe Biden Layak Dijuluki The Beast

Liputan6.com, Jakarta - Joe Biden, yang menjabat sebagai wakil presiden ke-47 selama pemerintahan Obama dari 2009 hingga 2017, terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46 pada 7 November 2020.

Dari sudut pandang dunia otomotif, presiden Amerika Serikat tak akan lepas dari sosok mobil kepresidenan Cadillac One berjuluk 'The Beast'. Mobil limosin Cadillac One berlapis baja yang digunakan Joe Biden sama dengan yang digunakan Donald Trump.

Berikut fakta menarik dari mobil kepresidenan The Beast ini, dikutip dari financialexpress.

 

The Beast memiliki sedikit kemiripan dengan Cadillac One versi produksi. Sasis, mesin diesel, dan transmisi mengadopsi kepunyaan kendaraan komersial GM. Lampu depan, belakang, dan gril terlihat seperti Cadillac. Tapi di dalamnya benar-benar berbeda.

Secret Service menggunakan pesawat C-17 Globemaster untuk memindahkan The Beast, limosin lainnya, dan kendaraan komunikasi berlapis baja Chevrolet Suburban. Suburban ini dijuluki Roadrunner dan bertugas untuk selalu tersambung ke satelit militer.

The Beast tentu saja dilapisi oleh baja. Menurut Leftlanenews, The Beast dilengkapi baja pelindung setebal 8 inci, kaca anti peluru setebal 5 inci, dan ban Goodyear dengan pelindung kevlar yang tetap bisa melaju dalam keadaan kempis. Bagian kabin dilengkapi pelindung dari serangan kimia dan busa khusus mengeliling bagian tangki bahan bakar untuk antisipasi jika terjadi tabrakan.

Menurut leftlanenews, The Beast juga dilengkapi peralatan untuk memadamkan api, tangki oksigen, cadangan darah untuk presiden, tear gas canisters, dan shotguns.

Sopir The Beast bukanlah orang sembarangan. Sopirnya berasal dari kalangan Secret Service yang sudah terlatih untuk melakukan manuver yang sulit menggunakan The Beast.