Sukses

Tips Modifikasi Ringan CVT Skutik Supaya Tarikan Lebih Halus

Karena berhubungan secara langsung dengan mesin, roda serta laju kendaraan, CVT seringkali menjadi sasaran bagi para pemilik skutik untuk melakukan modifikasi atau upgrade

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik skuter matik (skutik) terkadang ingin tarikan kuda besinya lebih halus. Cara yang bisa ditempuh, salah satunya adalah melakukan modifikasi ringan untuk komponen continuously variable transmission alias CVT 

Sesuai namanya, CVT merupakan sistem transmisi penggerak mesin skutik. Uniknya, dalam proses operasi CVT ini dilakukan secara otomatis dan bukan manual seperti halnya pada motor bebek.

Nah, karena berhubungan secara langsung dengan mesin, roda serta laju kendaraan, CVT seringkali menjadi sasaran bagi para pemilik skutik untuk melakukan modifikasi atau upgrade.

Hal ini, bertujuan untuk mempermulus laju kendaraan tersebut dan membuat tarikannya menjadi semakin ringan saat digunakan.

Berikut, melansir laman resmi Wahana Honda, modifikasi ringan untuk CVT, agar tarikan skutik kesayangan menjadi lebih halus:

1. Ubah bobot komponen roller pada CVT

Keberadaan roller dalam sistem kerja CVT memiliki peranan yang cukup krusial yakni sebagai pengatur pergerakan sliding primary sheave. Komponen ini bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal, di mana ia akan menjauhi poros putaran yang dikelilinginya.

Karena keberadaannya yang cukup penting tersebut, pemilik bisa mengakali atau meng-upgrade komponen roller ini dengan cara yang lebih cerdik.

Anda bisa memainkan atau mengubah bobot roller yang biasanya dibekali oleh pabrik dengan beban massa yang cukup berat.

Penggunaan roller yang lebih ringan akan membuat kinerja sistem CVT motor Anda akan jauh lebih mulus saat digunakan berkendara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Perpanjang jalur roller kendaraan Anda

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa roller bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal. Artinya, komponen ini memiliki jalurnya tersendiri di mana Anda dapat mengubah atau mengotak-atik jalur tersebut sesuai dengan preferensi.

Tentunya, jika Anda mendambakan tarikan mesin motor yang lebih ringan, Anda bisa mengubah jalur tersebut menjadi sedikit lebih panjang.

Dengan demikian, komponen roller akan bekerja mengangkat jalurnya lebih tinggi. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin pada putaran teratas dapat lebih terisi dan mengoptimalkan kinerjanya.

Untuk melakukan upgrade pada komponen ini, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel atau dengan mengopreknya sendiri dengan alat yang Anda miliki.

Bisa dengan menggunakan mata bor tuner ataupun dengan menggunakan alat bantu yang biasa digunakan untuk mengeruk.

Poin utamanya adalah untuk membuat jalur komponen roller tersebut lebih presisi dan landai agar ia dapat bergulir dan berfungsi dengan sempurna.

3. Mengganti komponen per pada CVT

Modifikasi ringan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja dari CVT adalah dengan mengganti komponen per yang sudah terpasang.

Mekanik bengkel biasanya akan menyarankan untuk menggunakan per yang memiliki karakter lebih keras dan sedikit lebih panjang. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses akselerasi dalam kendaraan.

Produk per CVT ini dapat dengan mudah ditemukan di bengkel atau toko otomotif yang menjual produk aftermarket.

Pada dasarnya, pemilik juga bisa menyesuaikan penggunaan per tersebut sesuai dengan preferensi. Namun juga harus disesuaikan dengan spesifikasi dari skutik yang dimiliki.

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.