Sukses

Kebiasaan Baru Harus Jadi Prioritas Pengendara Motor biar Sehat dan Selamat, Apa Saja?

Penerapan protokol kesehatan juga penting bagi pengendara motor pada saat seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona Covid-19 yang terjadi di Indonesia memang belum menunjukan penurunan yang signifikan. Penting bagi masyarakat, tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan juga penting bagi pengendara motor pada saat seperti ini. Di samping itu, tetap mengutamakan keselamatan berkendara juga menjadi hal yang tidak kalah penting bagi pengguna roda dua.

Dijelaskan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi, pemerintah sudah sangat fokus untuk memberikan standard operating procedure (SOP) atau indikator untuk para pengguna motor agar lebih terjamin, tidak hanya keselamatan tapi juga kesehatannya.

"Aspek kesehatan saat ini memang sangat penting, dan salah satu yang sudah kita lakukan kerjasama dengan aplikator gojek dan grab, pengemudinya menggunakan perisai. Jadi pengemudi dan penumpang saat berbicara dropletnya tidak ke belakang," ujar Budi saat webinar tentang Keselamatan Berkendara di era new normal yang diadakan oleh Yamaha bekerjasama dengan kementerian Perhubungan, secara virtual, Sabtu (20/12/2020).

Hal tersebut juga sejatinya berlaku untuk pengendara motor untuk kepentingan sehari-hari, baik untuk ke kantor atau ke rumah.

"Jadi yang kita sampaikan, pengemudi yang ingin selamat dari kecelakaan juga keterampilan yang disiapkan. Untuk kesehatannya, bisa membawa hand sanitizer. Karena motor kita bersentuhan dengan kita sering, tapi tidak menutup kemungkinan kendaraan kita bersentuhan dengan orang lain, yang juga ada virusnya. Jadi, harus kita sering-bersihkan," jelasnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlengkapan Berkendara

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Sutarya yang menjelaskan pentingnya peran masyarakat atau pengendara, untuk menekan angka kecelakaan sekaligus memutus mata rantai penularan virus Corona Covid-19.

"Perlengkapan berkendara juga bukan hanya helm saja, kita harus menggunakan jaket dan berwarna terang lebih bagus karena mudah terlihat, sarung tangan, sepatu, dan body protector. Tak lupa juga, masker yang wajib digunakan untuk melindungi kita dari debu di jalan dan virus yang berbahaya," pungkas Sutarya.

3 dari 3 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.