Sukses

Terpaksa Hentikan Motor di Pinggir Jalan, Perhatikan 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkendara, beberapa pengendara akan menepikan kendaraannya saat merasa lelah untuk beristirahat sejenak. Hal ini biasanya dialami pemotor yang harus menempuh perjalanan jarak jauh dengan sepeda motor.

Meski dinilai wajar, saat berhenti di tepi jalan pastikan pemotor memperhatikan beberapa hal penting sebelum berhenti di pinggir jalan. Berikut ulasannya dilansir Wahana Honda, Rabu (25/11/2020).

1. Lihat kondisi

Saat akan menghentikan motor di tepi jalan, pastikan Anda melihat terlebih dulu kondisi sekitar. Apakah terlalu padat atau cukup luang?

Jalanan yang padat dan ramai tentu akan menyulitkan pengendara saat ingin menepi apalagi berhenti di pinggir jalan. Terlebih jika jalan yang dilalui cukup sempit.

2. Pastikan motor tidak menghalangi akses jalan pengendara lain

Seringkali ditemukan pengendara motor yang tiba-tiba berhenti di pinggir jalan tanpa memperdulikan pengguna jalan lain. Jalan yang sempit dan padat sudah menjadi masalah yang membosankan, terlebih mereka yang masih harus bersabar menunggu pengendara lain berhenti.

2 dari 4 halaman

3. Jangan lupa kunci setang

Jika alasan menghentikan motor untuk pergi buang air kecil di lokasi terdekat. Jangan lupa untuk mengunci setang motor. Usahakan untuk menguncinya ke arah kanan. Hal ini akan membuat sulit pelaku pencurian.

Sedangkan saat berkendara dengan teman atau pasangan, Anda bisa pergi ke toilet secara bergantian. Selain itu, Anda bisa menambahkan perangkat keamanan seperti gembok cakram.

4. Taruh motor di tempat yang masih terlihat

Saat berkendara jarak jauh, seringkali pengendara motor berhenti untuk minum di tempat makan pinggir jalan. Jika Anda ingin beristirahat, pastikan motor terparkir di lokasi yang masih terjangkau oleh penglihatan.

 

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: