Sukses

IONIQ Electric dan KONA Electric, Mobil Listrik Futuristik dengan Energi Murni Pertama

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang semakin maju dan semangat untuk menciptakan masa depan serta lingkungan yang lebih baik mendorong sejumlah elemen otomotif untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Salah satu kendaraan ramah lingkungan yang trennya terus meningkat adalah mobil listrik.

Di negara-negara maju, penggunaan mobil listrik sudah bukan lagi barang baru dengan jumlah pengguna yang terus meningkat setiap tahunnya. Indonesia sendiri sedang menuju penggunaan mobil listrik secara komersial. Tercatat, dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pabrikan mobil di Indonesia sudah mengenalkan mobil listriknya untuk dijual di tanah air.

Paling baru adalah pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai yang meluncurkan IONIQ Electric dan KONA Electric di Indonesia, dua mobil listrik dengan sumber energi murni pertama yang berasal dari baterai. Menggunakan baterai sebagai sumber energi yang dapat diisi ulang dengan sumber listrik eksternal sehingga tidak lagi membutuhkan membutuhkan bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

 

Dalam peluncuran mobil listrik yang digelar secara virtual, Jumat (6/11), President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Sung Jong Ha mengungkapkan bahwa IONIQ Electric dan KONA Electric diluncurkan untuk pasar Indonesia dan orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap energi bersih serta yang ingin mengadopsi gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

"Dengan senang hati, kami perkenalkan dua mobil listrik murni dari Hyundai. Kendaraan ini akan menjadi solusi di masa depan, bagi mereka yang selalu ingin menjadi yang terdepan," ujar Sung Jong Ha, saat peluncuran IONIQ Electric dan KONA Electric.

Seperti apa keunggulan dan teknologi yang dimiliki oleh mobil listrik IONIQ Electric dan KONA Electric dari Hyundai, simak ulasan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tampilan Futuristik dari IONIQ Electric dan KONA Electric

Berfokus pada rancang desain yang minimalis dan ergonomis, eksterior dan interior IONIQ Electric menjadi yang terdepan dalam menentukan tren desain. Bagian depan IONIQ Electric begitu unik dan futuristik. Desain grill yang sangat khas merupakan detail penting untuk menggambarkan identitas futuristik IONIQ Electric dengan tetap mengikuti aturan aerodinamika yang baik.

Sementara itu, bagian interiornya dipenuhi dengan sentuhan brilian yang menghadirkan elemen-elemen penting dengan elegan dan harmonis. Setiap detail dirancang dengan tepat berdasarkan filosofi minimalis guna kenyamanan. Tidak hanya desain, fitur keselamatan IONIQ Electric sesuai dengan gaya futuristiknya yang canggih. Menggabungkan radar, sensor, dan pengindra mesin internal, IONIQ Electric mengusung teknologi keselamatan terdepan dan akan melindungi kamu di sepanjang perjalanan.

Jika IONIQ Electric sudah terlebih dahulu mengaspal di Indonesia, maka KONA Electric yang inovatif merupakan pendatang baru yang tak kenal kompromi, menggabungkan SUV yang gagah dan lapang dengan jarak tempuh elektrik yang mengesankan.

Desain KONA Electric tampak luar terlihat begitu berani dengan lekukan yang kuat dan memikat mata. Grille tertutup yang ramping dan tegas memperlihatkan powertrain elektriknya. Lampu LED yang ramping dan unik menegaskan kehadiran DNA SUV khas Hyundai.

KONA Electric dirancang untuk membantu masyarakat masa kini menjalani hidup yang penuh dengan kesibukan dan kejadian tak terduga, dengan ruang lapang untuk penumpang dan bagasi. Kenyamanan yang dihadirkan terlihat dari material berkualitas tinggi yang memberikan kesan mewah dan merangsang indra.

3 dari 3 halaman

Teknologi Baterai IONIQ Electric dan KONA Electric, Ramah Lingkungan dan Aman

Dua mobil listrik IONIQ Electric dan KONA Electric dari Hyundai ini menggunakan baterai berbahan dasar Lithium Ion Polymer. Kapasitas baterai IONIQ Electric sebesar 38,3 kWh dan KONA Electric sebesar 39,2 kWh. Teknologi baterai pada mobil elektrik sangatlah aman karena mempunyai 4 langkah pengamanan.

  1. Bagian luar menggunakan desain khusus dengan bentuk rigid cell architecture dengan bagian pemisah berlapis keramik yang mampu menahan benturan di bagian inti.
  2. Dilengkapi dengan vehicle cooperative control yang langsung terhubung pada bagian motor listrik, sehingga sangat responsif apabila terjadi korsleting akibat tegangan tinggi.
  3. Fitur active protection pada sistem manajemen baterai dapat mencegah hal yang tidak diinginkan pada saat pengisian daya, jika terdeteksi ada yang tidak sesuai pada baterai maka sistem ini langsung mematikan aliran listrik.
  4. Regenerative brake system yang memungkinkan baterai dapat mengisi ulang secara mandiri dengan memanfaatkan daya kinetik saat terjadi pengereman. Penggunaan baterai yang tahan lama dengan garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Performa IONIQ Electric dan KONA Electric, Pengalaman Baru Berkendara

Kehadiran electric control power unit (EPCU) yang membuat seluruh sistem listrik dan elektronik bekerja secara harmonis. Mobil listrik pada dasarnya dapat diandalkan karena lebih cepat dan sederhana bila dibandingkan dengan mesin pembakaran konvensional.

IONIQ Electric dan KONA Electric menggunakan button Shift by Wire yang memudahkan berpindah transmisi hanya dengan mengklik tombol. Teknologi ini membuat daya listrik langsung disalurkan ke kedua roda melalui single speed reduction gear yang mengikuti pedal akselerator. Dilengkapi dengan permanent-magnet synchronous magnet, memberikan torsi maksimal hingga 395Nm pada KONA Electric, serta membuat IONIQ Electric dapat melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 9,9 detik.

Lebih Hemat 4X Dibanding Mobil Mesin Diesel dan Bensin

Memakai baterai sebagai sumber energi utama, membuat mobil listrik murni terbebas dari emisi (zero-emission). Mobil listrik murni juga lebih hemat 4x bila dibandingkan dengan mobil bermesin diesel maupun bensin, bahkan masih kompetitif bila dibandingkan dengan mobil berjenis hybrid sekalipun karena tidak membutuhkan biaya ganti oli, mesin, hingga transmisi.

Berdasarkan perhitungan biaya penggunaan listrik (R2-R3), IONIQ Electric dan KONA Electric mempunyai efisiensi listrik 0.138 kWh/Km dan 0.150 kWh/Km, mampu menempuh jarak sejauh 373 km dan 345 km.

Mobil Listrik = Gratis BBN dan Bebas Ganjil-Genap

Selain itu, mobil listrik murni juga banyak memberikan keuntungan diluar hal teknis, pengguna mobil listrik murni dapat menikmati gratis BBN (Bea Balik Nama), biaya perpanjangan STNK yang lebih murah jika dibandingkan mobil lain yang harganya sama, dan tentunya terbebas dari peraturan ganjil-genap.

Pengisian Baterai yang Mudah dan Fleksibel

Salah satu keunggulan dari mobil listrik murni adalah cara pengisian yang mudah dan fleksibel. Mobil ini dilengkapi dengan pilihan untuk pengisian baterai;

  • Dapat menggunakan in-cable control box (ICCB) / portable charger yang didesain khusus untuk dapat terhubung dengan stop kontak standar di dalam rumah dan dimana saja.
  • Pengisian baterai dapat juga dilakukan di setiap dealer resmi Hyundai. Saat ini Hyundai juga terus bekerja sama dengan mitranya untuk mengembangkan banyak lokasi pengisian mandiri.

Selain itu, untuk memudahkan pengisian ulang mobil listrik, pemerintah juga memiliki aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis di Google play store. Melalui aplikasi "Charge.In", nantinya pengendara mobil listrik murni dapat dengan mudah mengetahui informasi tentang posisi stasiun pengisian (SPKLU) yang dapat digunakan.

Perawatan, Garansi dan Purna Jual Terbaik

Sedikitnya ada 5 manfaat yang kamu dapatkan apabila melakukan servis di dealer resmi Hyundai, sesuai waktu interval service dan mengikuti tabel perawatan berkala.

  1. Roadside Assistance selama masa garansi (tidak berlaku untuk force majeure atau kecelakaan)
  2. Layanan "Mobile Charging" Gratis selama masa garansi (berlaku untuk area tertentu)
  3. Biaya Perawatan Gratis 5 tahun/75.000 km (salah satu yang tercapai lebih dulu)
  4. Garansi High Voltage Battery 8 tahun/160.000 km (salah satu yang tercapai lebih dulu)
  5. Garansi Dasar 3 tahun/100.000 km (salah satu yang tercapai lebih dulu)

Penasaran dengan kecanggihan teknologi IONIQ Electric dan KONA Electric dari Hyundai, kunjungi tautan ini.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS