Sukses

Pandemi Belum Surut, Indonesia Diecast Expo 2020 Digelar Hybrid

Pandemi yang masih terjadi di Indonesia, tidak menyurutkan langkah Indonesia Diecast Expo (IDE) 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi yang masih terjadi di Indonesia, tidak menyurutkan langkah Indonesia Diecast Expo (IDE) 2020. Gelaran yang sudah berlangsung tujuh kali ini, akan mengusung konsep hybrid, yaitu penggabungan antara konsep acara online dan offline.

Dihelat 29 November sampai 3 Desember 2020, IDE Hybrid Format 2020 akan menampilkan berbagai acara yang menarik, dan akan hadir juga desainer Hot Wheels ternama, Phil Riehlman.

Dijelaskan Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020, dengan konsep hybrid ini, pihaknya berusaha untuk IDE berusaha beradaptasi dengan kondisi yang menuntut inovasi dan perubahan seperti sekarang ini.

"Konsep baru ini juga menjadi bukti bahwa IDE – pagelaran diecast yang berhasil membentuk ekosistem diecast di Indonesia, juga adalah sebuah industri kreatif yang dinamis serta bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada," jelasnya saat acara konferensi pers, secara virtual, Senin (16/11/2020).

Dilangsungkan selama lima hari, IDE akan menghadirkan program andalan yaitu Toys Crazy Sale (TCS), dengan menggandeng salah satu platform jual-beli daring terbesar. Melalui TCS, acara ini akan menawarkan sesuatu yang menarik bagi pecinta diecast dan mainan di seluruh Tanah Air.

IDE Hybrid Format 2020 tidak hanya menampilkan ajang jual beli diecast, penyelenggara juga akan mengadakan Live Talks, yaitu program talk show yang ditayangkan secara langsung dengan menghadirkan influencer di dunia diecast.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kompetisi Balap Diecast

Paling menarik pada tahun ini, kompetisi balap (IDE Live Race Competition) akan disuguhkan melalui konsep diorama dengan mengambil suasana jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Diorama IDE Live Race Competition sendiri berukuran 4,8 meter persegi dengan total jalur balap sepanjang 8,5 meter.

Sementara itu, keseruan gelaran diecast ini bahkan akan lebih istimewa dengan keadiran desainer Hot Wheels asal Amerika Serikat, Phil Riehlman. Pada tahun ini, IDE bekerja sama dengan Hot Wheels Indonesia untuk mengadakan acara Web-Dinner atau temu virtual bersama Phil Riehlman.

Istimewanya lagi, dari program temu virtual ini, setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan dua buah special event car berupa cuztomized Hot Wheels Mini Cooper edisi terbatas yang hanya dibuat 70 unit per mobil. Serunya, setiap peserta juga berhak mendapatkan sign sheet yang akan langsung ditandatangani oleh Phil.

"Ini adalah bentuk dukungan Hot Wheels Indonesia terhadap IDE. Melalui kolaborasi ini, Hot Wheels Indonesia berharap IDE akan terus bisa berkembang dan menjadi tolak ukur pameran diecast di dunia," kata Rani Sutedja, Senior Brand Manager Hot Wheels Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Sejak 2014

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan tren peningkatan. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan, mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.815 orang pengunjung di tahun 2019.

Tak hanya itu, dalam empat tahun terakhir ajang IDE juga dihadiri oleh bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada tahun 2016, serta diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada tahun 2017, Jun Imai pada 2018 dan Brendon Vetuskey pada 2019 silam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.