Sukses

Mengenal Fitur Traction Control pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai teknologi keamanan berkendara diciptakan untuk menambah kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Salah satunya fitur traction control.

Meski demikian, terdapat beberapa pemilik kendaraan yang tak mengetahui secara pasti fungsi dari fitur yang disematkan. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi traction control seperti dilansir Nissan Indonesia.

Saat berbelok tajam, pengendara mobil bisa saja mengalami selip sehingga kendaraan yang digunakan tergelincir. Untuk meminimalisasi hal ini, fitur traction control akhirnya diciptakan.

Traction control merupakan fitur yang berguna untuk mencegah ban mengalami selip dan tergelincir saat kondisi jalan basah ketika berbelok menikung.

Bekerja secara otomatis, pengemudi tidak perlu melakukan apapun, kecuali menekan tombol pengaktifan yang biasanya tersemat di dekat roda kemudi.

Dengan fitur ini, mobil akan mendeteksi daya cengkeram pada setiap roda kemudian melakukan pengereman pada roda yang mengalaminya.

Saat berbelok menikung, pengemudi pada dasarnya harus mengontrol tiga hal sekaligus, yakni akselerasi, pengereman dan kemudi. Tentu sedikit rumit untuk melakukannya, apalagi bila pengemudi tidak terlalu mahir.

2 dari 3 halaman

Menjaga Mobil Menikung dengan Aman

Traction control akan membantu pengemudi melakukan hal tersebut. Sistem akan mengerem secara otomatis terhadap masing-masing roda sehingga menjaga mobil untuk berbelok secara aman.

Selain itu, power pada mesin juga disesuaikan agar roda tetap mempertahankan daya cengkeram.

Pengereman pun tidak dilakukan sembarangan. Setiap roda akan diberikan kekuatan rem sendiri-sendiri yang bisa jadi tidak sama kuat, tergantung dengan kebutuhan roda itu sendiri.

Sensor akan menilai seberapa kuat rem dibutuhkan pada satu roda. Dengan begitu, mobil tidak akan tergelincir karena roda yang tiba-tiba berhenti.

 

3 dari 3 halaman

Mengurangi Potensi Tergelincir

Misalnya, kendaraan menikung dengan kecepatan yang terlalu tinggi sehingga berpotensi membawa mobil tergelincir.

Traction control akan secara perlahan melakukan pengereman hingga mobil dapat berbelok dengan lembut dan aman.

Sistem ini juga dapat aktif ketika pengemudi akan keluar dari tikungan. Misal, ketika pengemudi terlalu cepat menekan pedal gas saat keluar tikungan sehingga mobil akan keluar jalur.

Traction control akan mengerem secara lembut dan mengembalikan mobil ke jalur yang seharusnya.