Sukses

Kickstarter Motor Matik Mulai Bermasalah, Atasi dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu banyak tenaga dan lebih mudah, pengendara yang ingin menyalakan mesin kendaraan akan memilih menggunakan electric starter dibandingkan kickstarter.

Karena jarang digunakan, kickstarter pada kendaraan sering kali macet, sehingga tak bisa digunakan apabila pengendara menghadapi keadaan darurat, tak terkecuali pada skuter matik.

Jika aki mulai soak dan electric starter sulit digunakan, mau tidak mau mesti menggunakan kickstarter. Tapi jika kondisinya macet, tentu saja akan menyusahkan.

Biasanya, kickstarter yang macet lantaran komponen yang ada di dalam rumah CVT berkarat. Kondisi ini membuat kickstarter tak mau kembali ke posisi awal setelah diselah.

Seperti dilansir Wahana Honda, penyebab kickstarter tak mau kembali ke posisi semula bukan karena susunan gir penghubung tangkai slah, namun karena per stopper penghubung mulai berkarat.

2 dari 4 halaman

Bongkar Rumah CVT

Untuk membuat kickstarter bisa berfungsi dengan normal, pemilik kendaraan bisa membongkar terlebih dahulu rumah CVT dan cover pelindungnya.

Setelah itu bersihkan debu menggunakan kuas dan angin kompresor. Saat sudah bersih, olesi gemuk alias grease agar kickstarter bisa berfungsi dengan baik dan terhindar dari karat.

Hindari penggunaan oli untuk mendapatkan hasil maksimal dan tak mengotori lantai saat melakukan membersihkan kickstarter.

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: